Biar <i>Gak</i> Bingung, Ini Cara Tranfer BNB dari Indodax Ke Trust Wallet
Pastikan alamat Anda benar saat melakukan transfer BNB dari Indodax ke Trust Wallet. (Binance)

Bagikan:

JAKARTA - BNB merupakan salah satu coin exchange atau bisa digunakan untuk swap antara satu koin ke koin lainnya. Penukaran ini dapat dilakukan di platform-platform penyedia kripto, salah satunya adalah Indodax. Dengan coin exchange ini biaya potongan (gas fee) akan lebih murah. Lalu, bagaimana cara transfer BNB dari Indodax ke Trust Wallet?

Perlu diketahui, Trust Wallet merupakan dompet digital untuk menyimpan kripto. Dengan Trust Wallet, Anda dapat mengirim, menerima, dan juga menyimpan Bitcoin ataupun mata uang kripto lainya beserta NFT  yang terjamin memiliki keamanan.

Trust Wallet juga terkoneksi dengan bursa terdesentralisasi (CEX), salah satu bursa yang paling populer adalah PancakeSwap. Seperti halnya MetaMask, Binance Smart Chain, dan sebagainya, Trust Wallet adalah dompet digital yang berfungsi menyimpan aset kripto.

Perbedaan BNB BEP 2 dan BNB BEP 20

Dilansir dari Zipmex, BEP2 (Binance Chain Evolution Proposal 2) merupakan standar token yang digunakan untuk memakai dan membuat token baru di jaringan Binance Chain. BEP2 menjadi sebuah standar atau aturan teknis yang berlaku agar token lainnya bisa bekerja dengan maksimal dalam ekosistem milik Binance Chain.

Sedangkan, BEP 20 merupakan standar token Binance Smart Chain (BSC) yang memiliki kemiripan dengan protokol khusus Ethereum, ERC-20. Standar token, selanjutnya akan memastikan bahwa seluruh token memiliki kemampuan mendasar, layaknya mentransfer, mengembalikan saldo, dan  memeriksa kepemilikan token. 

BNB BEP 20 adalah alat transaksi yang digunakan pada Trust Wallet, sedangkan BNB BEP 2 tidak dijadikan alat transaksi atau merupakan koin biasa. Perbedaan lain dari BNB BEP 2 dan BEP 20 adalah warna kedua koin tersebut, jika BNB BEP 20 berwarna hitam dan digunakan untuk transaksi atau jual beli koin jaringan BEP 20 terutama di PancakeSwap. Sedangkan,  BNB BEP 2 berwarna kuning dan tidak bisa digunakan untuk alat transaksi.

Transfer BNB dari Indodax ke Trust Wallet

Kegiatan transfer BNB dari Indodax ke Trust Wallet yang harus Anda diperhatikan adalah alamat dan pemilihan jaringan. Anda harus memilih jaringan BEP 20 untuk menjalankan transfer tersebut. Pasalnya koin BNB BEP20 merupakan koin yang digunakan untuk transaksi di Trust Wallet. Jika Anda mengirim koin BNB jaringan BEP2, maka koin tersebut tidak dapat digunakan untuk transaksi meskipun sama-sama BNB. Pastikan juga akun Indodax Anda telah terverifikasi KYC dan telah memiliki akun Trust Wallet.

Biaya minimal yang diperlukan untuk transfer BNB adalah 0,0075 BNB untuk berapapun pengiriman yang Anda lakukan. Sedangkan, biaya untuk transfer BUSD adalah 0 BUSD atau tanpa biaya. Di samping itu, minimal transfer BNB adalah 0,01 dan 0,0001 untuk BUSD.

Cara kirim BNB dari Indodax ke Trust Wallet

  1. Buka Aplikasi Trust Wallet

Buka aplikasi Trust Wallet dan salin alamat Smart Chain BNB, jika Anda tidak tahu Smart Chain ini memiliki jaringan  BEP 20

  1. Transfer dari Indodax ke Trust Wallet
  • Buka aplikasi Indodax dan pilih menu Funds, kemudian cari BNB dan klik penarikan
  • Pada menu penarikan, pertama Anda harus memastikan jaringan BEP 20
  • Lalu, pada kolom jumlah, masukkan jumlah aset yang ingin Anda transfer
  • Selanjutnya, klik alamat baru, setelah mengklik Anda akan menemukan kolom label, isi kolom tersebut dengan bebas. Tetapi, untuk alamat Anda perlu memastikan jaringannya ada pada BEP 20, pastikan kembali alamat tersebut agar tidak salah memasukkan.
  • Langkah terakhir, Anda perlu melakukan verifikasi transaksi, dari Google Auntheticator, PIN dan juga verifikasi e-mail.

Demikianlah cara mudah mengirim koin BNB dari Indodax ke Trust Wallet. Dengan mengirim BNB ke Trust Wallet, Anda sekarang bisa menyimpan aset kripto di satu tempat yang aman secara pribadi. Anda juga dapat melakukan swap atau menukar koin Anda dengan PancakeSwap di DApps di dalam dompet digital tersebut.