Pengadilan Banding AS Menangkan Caltech, Apple dan Broadcom Bayar Ganti Rugi Rp15,8 Triliun
Apple kembali kalah dalam sidang gugatan ganti rugi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan banding di AS pada Jumat, 4 Februari mengeluarkan putusan juri yang memerintahkan Apple Inc dan Broadcom Inc untuk membayar 1,1 miliar dolar AS(Rp 15,8 triliun) kepada California Institute of Technology karena melanggar paten teknologi Wi-Fi. Pengadilan juga memerintahkan sidang ganti rugi.

Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit Federal mengatakan keputusan Januari 2020 oleh juri federal di Los Angeles, salah satu yang terbesar dalam kasus paten, "tidak dapat didukung secara hukum."

Keputusan Itu juga menguatkan temuan juri bahwa Apple dan Broadcom melanggar dua paten Caltech, dan memerintahkan percobaan baru apakah mereka melanggar paten ketiga.

Caltech telah menggugat Apple dan Broadcom pada Mei 2016, menuduh bahwa jutaan iPhone, iPad, Apple Watch, dan perangkat lain yang menggunakan chip Broadcom melanggar paten transmisi datanya.

Juri telah memerintahkan Apple untuk membayar Caltech 837,8 juta dolar AS dan Broadcom membayar tambahan 270,2 juta dolar AS.

Juru bicara Caltech, Shayna Chabner, mengatakan sekolah yang berbasis di Pasadena, California yakin bahwa nilai patennya akan "dikenali sepenuhnya" pada percobaan ganti rugi baru. Baik Apple maupun Broadcom tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters tentang putusan tersebut.

Apple adalah pembeli utama chip Broadcom, dan pada Januari 2020 mencapai kesepakatan pasokan senilai 15 miliar dolar AS yang berakhir pada 2023. Broadcom memperkirakan 20% pendapatannya berasal dari Apple.

Model kerusakan Caltech didasarkan pada argumen bahwa sekolah dapat secara bersamaan merundingkan lisensi dengan Apple untuk perangkat yang mengandung chip Broadcom, dan lisensi dengan Broadcom untuk chip yang digunakan di tempat lain.

Bunyi putusan untuk pengadilan banding, Hakim Sirkuit Richard Linn menolak teori itu. "Fakta bahwa Broadcom dan Apple adalah pelanggar yang terpisah saja tidak mendukung perlakuan terhadap chip yang sama secara berbeda pada tahap yang berbeda dalam rantai pasokan," tulis Linn. "Teori kerusakan dua tingkat Caltech secara hukum tidak dapat didukung dalam catatan ini."

Caltech juga telah menggugat Microsoft Corp, Samsung Electronics Co, Dell Technologies Inc  dan HP Inc atas dugaan pelanggaran paten yang sama. Kasus-kasus itu hingga kini masih tertunda.