Dua Kosmonot Rusia Bakal Lakukan Spacewalk Minggu Ini, Berikut Cara Menontonnya!
Kosmonot Rusia akan melakukan spacewalk, pekan ini. (foto: dok.. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan luar angkasa atau spacewalk yang kerap dilakukan oleh para astronom adalah hal yang menarik, dan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Minggu ini, dua kosmonot asal Rusia akan melakukannya.

Keduanya akan melakukan spacewalk di luar Stasiun Luae Angkasa Internasional (ISS) untuk mempersiapkan modul Prichal baru stasiun untuk menerima pesawat ruang angkasa, tepat pada Rabu, 19 Januari.

“Komandan Ekspedisi 66 Anton Shkaplerov dan Insinyur Penerbangan Pyotr Dubrov dari Roscosmos akan memulai perjalanan ruang angkasa tujuh jam yang direncanakan dengan keluar dari modul Poisk di sisi ruang yang menghadap ke segmen stasiun Rusia,” ungkap NASA dalam keterangan resminya.

“Selama perjalanan luar angkasa, para kosmonot akan memasang pegangan tangan, antena pertemuan, kamera televisi, dan target dok di Prichal, yang secara otomatis merapat ke modul laboratorium multiguna Nauka pada bulan November," imbuhnya.

Untuk membedakan keduanya, NASA merinci pakaian yang dikenakan mereka. Shkaplerov akan berperan sebagai anggota kru ekstravehicular 1 (EV1) dan akan mengenakan pakaian antariksa Orlan Rusia dengan garis-garis merah.

Sementara Dubrov akan mengenakan pakaian antariksa dengan garis-garis biru sebagai extravehicular crew member 2 (EV2). Ini akan menjadi perjalanan luar angkasa ketiga dalam karir Shkaplerov dan keempat untuk Dubrov.

Spacewalk pertama di stasiun pada 2022 juga akan menjadi spacewalk ke-246 untuk perakitan, pemeliharaan, dan peningkatan stasiun luar angkasa yang mengorbit Bumi tersebut.

Melansir Digital Trends, Senin, 17 Januari, jika Anda tertarik untuk menontonnya, NASA akan menyiarkan spacewalk ini secara langsung pada Rabu, 19 Januari, yang dimulai pada pukul 6 pagi ET (3 pagi PT), dengan spacewalk itu sendiri akan dimulai pada pukul 7 pagi ET (4 pagi PT).

Perjalanan antariksa diperkirakan akan memakan waktu 7,5 jam secara keseluruhan. Anda dapat membuka situs web NASA untuk menontonnya.