Terpilih Sebagai Wali Kota Eric Adams Diyakini akan Buat Aturan yang Ramah Kripto di NYC
Eric Adamas, Wali Kota baru NYC yang ramah kripto. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA –  Terpilihnya Eric Adams, seorang penggemar berat bitcoin, sebagai Wali Kota baru New York City November lalu merupakan kemenangan bagi dunia kripto. Wali kota baru ini  diyakini akan mengubah kota tersibuk di AS ini sebagai hub bagi pengembangan mata uang digital dan blockchain.  

John Wu, Presiden Ava Labs, yakin  Adams setelah terpilih sebagai wali kota akan berbuat sesuatu untuk kripto. Wu juga mengatakan pemilihan Adams, seorang penggemar bitcoin yang telah berjanji untuk mengubah Big Apple, menjadi pusat kripto, memainkan "peran besar" dalam keputusannya untuk mendirikan kantor permanen di New York City pada bulan November.

"Mengetahui bahwa kami memiliki administrasi yang ramah, terutama di wilayah New York City, akan sangat membantu perusahaan kami," kata Wu, presiden perusahaan Ava Labs.

Adams dilantik pada bulan Januari ini dan memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat New York sama ramahnya dengan calon hub crypto lainnya. Negara bagian New York memiliki peraturan ketat untuk perusahaan kripto, termasuk persyaratan lisensi yang mahal, dan jaksa agung negara bagian telah menindak beberapa perusahaan di sektor ini.

Namun, Wu dan eksekutif mata uang kripto lainnya mengatakan sikap ramah wali kota dapat menarik start-up aset digital yang ingin menegaskan legitimasi mereka bersama perusahaan Wall Street tradisional dan untuk memanfaatkan kumpulan bakat dan basis investor pusat keuangan.

Chainalysis, platform data mata uang kripto, juga berlipat ganda di New York City pada tahun 2021, menandatangani sewa untuk ruang kantor di Manhattan yang akan menampung hingga 200 staf, pada bulan Agustus lalu.

"Dukungan wali kota baru untuk industri memperkuat keyakinan saya bahwa New York adalah tempat terbaik untuk markas Chainalysis," kata Michael Gronager, kepala eksekutif dan salah satu pendiri Chainalysis,  kepada Reuters dalam sebuah pernyataan.

"Kami berencana untuk memanfaatkan talenta kota yang dalam untuk fase pertumbuhan kami berikutnya," tambahnya.

Saat industri aset digital yang berkembang pesat dan nilai mata uang kripto melonjak - melebihi  3 triliun dolar AS pada bulan November, maka  banyak yurisdiksi menginginkan bagian dari tindakan tersebut.

Selama kampanyenya, Adams menyatakan minatnya untuk mengembangkan dompet digital untuk pegawai kota dan penerima manfaat publik. Setelah pemilihannya, dia berjanji untuk mengambil tiga gaji pertamanya dalam bitcoin dan menyarankan agar sekolah-sekolah di New York mengajarkan kursus tentang mata uang kripto dan teknologi blockchain.

"NYC akan menjadi pusat industri cryptocurrency...Tunggu saja!" dia mentweet pada bulan November lalu.

Adams belum mengusulkan kebijakan khusus yang akan memberikan insentif kepada perusahaan kripto untuk mendirikan kantor di New York, tidak seperti kota-kota lain seperti Miami dan Austin yang pemasarannya telah menyoroti biaya energi yang rendah dan tarif pajak yang kompetitif.

Kantor wali kota tidak menanggapi permintaan komentar, tetapi Adams mengatakan dia berharap sikap ramah-kriptonya akan menarik lebih banyak bakat teknologi ke kota, dan banyak eksekutif percaya itu akan terjadi.

“Saya pikir ini adalah alat pensinyalan yang sangat efektif untuk … mengatakan, 'Oke, kami menyadari bahwa industri ini dapat menguntungkan semua orang,'” kata Zach Dexter, kepala eksekutif FTX U.S. Derivatives, pertukaran derivatif kripto yang berbasis di Miami.

Hingga kini masih belum jelas apakah Adams dapat bekerja dari Balai Kota untuk membentuk kembali peraturan negara bagian yang telah dikecam oleh industri mata uang virtual sebagai terlalu ketat dan mahal.