GM Luncurkan CarBravo, Layanan Penjualan Mobil Bekas Secara <i>Online</i>
CarBravo, layanan penjualan mobil bekas secara online. (foto" dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors Co mengumumkan bawah mereka akan meluncurkan pasar kendaraan bekas online yang disebut CarBravo. Ini adalah cara pembuat mobil dan dealer GM untuk menantang Carvana Co, CarMax Inc dan lainnya, mengambil untung dari penjualan kendaraan bekas.

Situs GM CarBravo akan menggabungkan kendaraan yang dimiliki oleh dealer Chevrolet, Buick dan GMC, serta mobil dan truk yang dikendalikan oleh GM Financial, anak perusahaan GM untuk pembiayaan konsumen, setelah mengambilnya kembali dari agen persewaan mobil.

Pejabat GM mengatakan diler perusahaan memiliki stok sekitar 400.000 kendaraan bekas. GM mengatakan CarBravo akan diluncurkan ke konsumen pada musim semi tahun ini.

Sekitar 40 juta kendaraan bekas dijual setiap tahun di Amerika Serikat, lebih dari dua kali lipat jumlah mobil dan truk baru. Produsen mobil sebagian besar dihapus dari keuntungan dari penjualan tersebut, serta informasi tentang pelanggan dan kesempatan untuk menjual layanan pendapatan berulang seperti langganan radio satelit.

Harga mobil bekas telah meroket selama pandemi karena kurangnya persediaan mobil baru di tengah kendala rantai pasokan chip.

Pasar mobil bekas online Carvana, dengan nilai pasar 34 miliar dolar AS, memenuhi ruang e-niaga yang dibiarkan terbuka oleh pembuat mobil dan sebagian besar dealer tradisional. Mereka, menawarkan kepada konsumen cara untuk berbelanja berbagai macam kendaraan bekas dari berbagai merek, dan pembelian mobil diantar langsung ke rumah.

Sekarang, GM bergabung dengan jaringan ritel otomotif seperti AutoNation  dalam mendirikan pasar kendaraan bekas online untuk melawan Carvana, yang sahamnya telah jatuh hampir 50% dari level tertinggi selama 52 minggu.

Steve Carlisle, kepala operasi GM Amerika Utara, mengatakan pada Selasa, 11 Januari  bahwa CarBravo dapat menjual lebih banyak dari Carvana karena pasokan kendaraan yang dikendalikan oleh GM dan dealernya. “Kami pikir kami cukup baik melawan siapa pun di luar sana,” kata Carlisle.

Carvana dalam sebuah pernyataan pada Selasa lalu, tidak membahas langkah GM secara langsung, tetapi menggarisbawahi bahwa "merintis pembelian mobil online" dan telah membeli dan menjual lebih dari 1 juta kendaraan.

Chief Marketing Officer CarMax , Jim Lyski, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Sementara kami masih mempelajari tentang layanan yang baru diumumkan dari GM, apa yang telah mereka lakukan adalah sulit," kata Lyski seperti dikutip Reuters.