Ini Cara Buat <i>Bookmark Posting</i> di Instagram Agar Mudah Mencari Konten Memasak
Instagram menyediakan fitur untuk membuat Bookmark Positing (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram adalah sumber yang bagus untuk latihan dalam membuat hidangan untuk pertama kalinya. Namun, hal itu bisa menjadi sangat cepat, tergantung pada jumlah akun yang diikuti pengguna dan posting berikutnya yang disarankan berdasarkan aktivitas seseorang di platform.

Untuk membantu hal ini, Instagram memiliki beberapa fitur yang memungkinkan seseorang menyimpan postingan resep untuk dilihat di lain waktu.

Fitur 'Simpan ke Koleksi' mudah diakses melalui setiap postingan di feed Instagram. Sesuai dengan namanya, ini memungkinkan pengguna mem-bookmark posting untuk ditinjau nanti dan menambahkannya ke folder yang berisi posting sebelumnya yang telah disimpan.

Idealnya, postingan serupa dikelompokkan ke dalam satu koleksi untuk menghindari kebingungan setelah banyak koleksi disimpan. Pengguna dapat mengakses semua koleksi, serta posting di dalamnya, melalui tab 'Tersimpan'.

Ketuk tombol 'Simpan ke Koleksi' (ikon pita vertikal) di sudut kanan bawah kiriman untuk memiliki akses di masa mendatang ke reel, video, atau kiriman Instagram. Selanjutnya, ketuk tautan 'Simpan ke Koleksi' yang akan muncul di sudut kiri bawah kiriman.

Ini akan memunculkan laci 'Simpan ke' yang akan berisi semua folder koleksi yang ada. Jika tidak ada, ketuk + untuk menambahkan dan memberi nama koleksi baru. Misalnya, jika pengguna bermaksud untuk mengumpulkan berbagai jenis resep, pilih nama koleksi yang secara tepat menggambarkan postingan yang akan disimpan di dalamnya, seperti 'Mie' atau 'Makanan Penutup'.

Koleksi Tersimpan Instagram

Untuk melihat semua koleksi sejauh ini, ketuk ikon Profil di sudut kanan bawah halaman, lalu tombol Menu (ikon dengan tiga bilah horizontal) di sudut kanan atas. Selanjutnya, ketuk 'Tersimpan'. Saat beristirahat dari umpan Instagram biasa, setiap pengguna dapat melihat pratinjau semua resep yang sebelumnya disimpan di halaman Tersimpan, yang disusun berdasarkan koleksi.

Folder 'Semua Posting' dengan semua konten yang di-bookmark diatur dalam urutan kronologis yang disimpan juga akan ada di sana. Ketuk setiap posting untuk melihat resep yang dibutuhkan.

Untuk menghapus kiriman tersimpan dari koleksi, ketuk kiriman di grup, lalu ketuk lagi tombol 'Simpan ke Koleksi', sehingga tidak lagi disorot putih. Selanjutnya, pilih antara 'Hapus dari Koleksi' atau 'Hapus'. Yang terakhir akan menghapusnya dari mana-mana posting tertentu disimpan (jika itu juga diajukan di bawah koleksi lain).

Untuk menghapus beberapa akun atau postingan Instagram dalam koleksi, ketuk koleksi yang akan dihapus, lalu tombol Lainnya (ikon dengan tiga titik) di sudut kanan atas. Selanjutnya, ketuk 'Pilih,' dan pilih kiriman yang akan dihapus, lalu tekan 'Hapus.'

Tombol Lainnya juga merupakan tempat pengguna dapat menghapus seluruh koleksi, mengedit nama koleksi dan foto sampul, dan menambahkan pos dari seluruh folder 'Tersimpan'. Ini akan mencakup posting yang telah disimpan tetapi tidak harus ditempatkan dalam koleksi.