6 Tim Lolos 16 Besar Liga Champions, Fase Grup Tinggal Tersisa Dua Laga
6 tim lolos 16 besar liga champions (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Liga Champion 2023 sudah bergulir hingga selesai seluruh laga di matchday keempat fase grup. Sudah ada sebanyak 6 tim lolos 16 besar Liga Champions meski babak penyisihan belum rampung. Sejumlah klub raksasa di liga-liga Eropa berhasil mengamankan tiket fase selanjutnya lebih awal. 

Real Madrid dan Bayern Munchen sudah dipastikan melenggang ke babak 16 besar Liga Champions tahun ini. Harry Kane dan rekan-rekan satu tim berhasil membawa Munchen menduduki posisi puncak Grup A. Sementara tim asuhan Carlo Ancelotti sukses menduduki urutan pertama Grup C. 

Dengan masih tersisa dua laga di fase grup, Real Madrid dan Bayern Muenchen tetap aman dalam posisinya dan tidak bakal tergeser dari urutan dua teratas grup. Lantas mana saja 6 tim yang lolos 16 besar Liga Champions? 

Tim yang Lolos 16 Besar Liga Champions

Meski fase grup belum mencapai laga terakhir, namun beberapa tim sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champion karena sudah mendapatkan poin tinggi yang sulit dikejar tim lainnya. Sejumlah tim yang lolos ini tinggal menjalani sisa laga untuk memperebutkan peringkat kesatu dan kedua di grup masing-masing. 

Berikut ini beberapa tim yang lolos ke fase 16 besar Liga Champion tahun 2023:

Grup A

  • Bayern Munich

Grup C

  • Real Madrid

Grup D

  • Real Sociedad
  • Inter Milan

Grup G

  • Manchester City
  • RB Leipzig

Manchester City dan RB Leipzig jadi perwakilan grup G yang berhasil mengunci tiket ke babak selanjutnya. Kedua tim tersebut tinggal bersaing untuk memperebutkan posisi juara grup. Saat ini M.City duduk di puncak klasemen mengantongi 12 poin, unggul tiga poin dari Leipzig. 

Sementara di grup D, Inter Milan dan Real Sociedad juga lolos ke babak 16 besar setelah meraih 10 poin yang tidak bisa dikejar lagi oleh Benfica dan Red Bull Salzburg. Inter Milan dan Real Sociedad tinggal menambah poin untuk memperebutkan status juara grup. 

Tim yang Berpeluang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Di samping klub-klub yang sudah mengamankan langkah ke babak 16 besar, terdapat tim-tim lainnya yang masih berpeluang melaju ke fase selanjutnya Liga Champions. Dari grup C, Napoli dan Braga masih memiliki peluang lolos mendampingi Real Madrid.

Klub lainnya yang memiliki peluang besar untuk lolos ke 16 besar adalah Arsenal dari grup B. The Gunners saat ini menempati posisi pertama Grup B dengan poin 9, unggul 4 poin dari PSV dan Lens yang sama-sama memiliki 5 poin. Namun untuk bisa melaju ke fase selanjutnya, setidaknya Arsenal harus bisa menang satu pertandingan. 

Sementara itu di Grup E, F, H terjadi persaingan yang ketat untuk meraih tiket 16 besar. Di Grup E, Atletico Madrid saat ini menduduki peringkat teratas dengan 8 poin. Namun posisi tersebut masih terancam oleh dua tim di bawahnya, yaitu Lazio dengan 7 poin dan Feyenoord dengan 6 poin. 

Persaingan di Grup F menuntut Dortmund wajib menang dalam dua laga tersisa untuk mengamankan posisi puncak. Saat ini klub dari Jerman tersebut mengantongi 7 poin, disusul oleh PSG dengan 6 poin dan Milan dengan 5 pon. Di Grup H, Barcelona harus berkompetisi ketat dengan Porto karena sama-sama memiliki 9 poin. 

Demikianlah sebanyak 6 tim yang lolos 16 besar Liga Champions 2023 dan telah menantikan klub-klub lainnya yang masih harus bersaing ketat. Babak penyisihan grup masih menyisakan 2 laga untuk menghasilkan klub perwakilan masing-masing grup yang berhasil melaju ke fase selanjutnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.