Bagikan:

JAKARTA – Dua bulan lalu, BYD Dolphin meluncur dari pabrik baru BYD di Thailand sekaligus menandai pencapaian produksi total kendaraan listrik pabrikan yang ke-8 juta unit. Pencapaian BYD dalam produksi kendaraan listrik sangat mengesankan. Dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak mencapai angka satu juta unit, perusahaan ini telah berhasil memproduksi delapan juta kendaraan listrik tambahan.

Hari ini, BYD Auto kembali mencatat sejarah dengan meluncurkan kendaraan listrik (EV) ke-9 juta yang keluar dari lini produksinya. Yang istimewa, mobil ke-9 juta ini adalah supercar Yangwang U9.

Dilaporkan CarNewsChina, 26 September, dengan tingkat produksi dan laju penjualan saat ini, BYD diprediksi akan mencapai angka 10 juta dan bahkan 11 juta kendaraan listrik dalam waktu dekat.

7

BYD Yangwang U9 sendiri adalah sebuah mahakarya teknologi listrik dari BYD. Supercar ini dilengkapi dengan empat motor listrik yang menghasilkan tenaga gabungan sebesar 960 kW, mampu mencapai akselerasi 0-100 km/h dalam 2,36 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi hingga 309 km/jam. Selain itu, U9 juga dilengkapi dengan sistem suspensi DiSus X yang memberikan kontrol penuh terhadap bodi mobil.

Untuk mendukung performa tinggi, U9 menggunakan baterai lithium iron phosphate blade dengan kapasitas 80 kWh yang dapat memberikan jangkauan hingga 450 km. Mobil ini juga mendukung pengisian cepat dengan daya hingga 500 kW, sehingga dapat mengisi baterai dari 30% hingga 80% dalam waktu 10 menit.

BYD juga mengungkap menggunakan teknologi canggih dalam produksi Yangwang U9, termasuk penggunaan struktur bodi berbahan karbon fiber yang diklaim lima hingga enam kali lebih kuat daripada baja. Mobil ini diproduksi di pabrik khusus supercar listrik di Shenshan, yang dilengkapi dengan fasilitas produksi yang modern dan tenaga kerja yang terampil.