Bagikan:

JAKARTA – Toyota Hilux generasi saat ini atau kedelapan dirilis pada 2015 silam yang hampir memasuki usia sepuluh tahun. Pabrikan beberapa kali melakukan sejumlah perubahan pada pikap ini agar tampilannya terlihat lebih baru dengan fitur yang juga diperbarui.

Meskipun masih belum ada kejelasan mengenai Hilux terbaru, Toyota memastikan akan memperjuangkan eksistensi pikap tersebut dan menjanjikan akan ada berita besar soal model ini.

Hal ini dingkap Vice President Sales & Marketing Toyota Australia Sean Hanley tapi ia tidak bisa memberitahunya untuk saat ini.

“Kami pastikan tidak akan meninggalkan Hilux dan akan ada berita besar mengenai hal itu. Tapi, belum bisa diumumkan saat ini,” kata Hanley dikutip dari CarsGuide, Rabu, 18 September.

Ini juga meneruskan kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa Hilux generasi selanjutnya akan tiba pada tahun 2025 atau menandai berakhirnya generasi kedelapan yang dijual saat ini. Namun, informasi lebih lanjut soal pikap ini kemungkinan akan terungkap menjelang tahun depan.

Toyota Hilux generasi kedelapan merupakan salah satu model tertua yang ada dalam segmennya sekaligus membuatnya cukup tertinggal dibandingkan para rival. Sementara, model di pasar pikap lainnya seperti Ford Ranger telah berganti generasi sejak 2022 lalu.

Pada awal tahun ini, pikap tangguh ini disegarkan untuk yang ketiga kalinya untuk beberapa pasar termasuk Indonesia. Mobil ini disebut cocok dalam memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari bisnis hingga lifestyle.

Di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menjual Hilux facelift dengan dibekali mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang menghasilkan total daya 147 ps dan torsi 400 Nm. Mobil ini ditawarkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dan manual lima percepatan.

Perihal harga, pabrikan menjual pikap tersebut dengan harga mulai dari Rp442,2 juta untuk tipe E 4X4 M/T, Rp475,6 juta untuk G M/T, dan termahalnya Rp526,5 juta untuk tipe V A/T.

Sementara itu, model tersebut juga ditawarkan dengan penggerak mild-hybrid (MHEV) 48V untuk beberapa pasar termasuk Eropa.

Untuk spesifikasi Eropa, Hilux diberi mesin 2,8 liter diesel digabungkan baterai lithium-ion 48V yang telah dikembangkan. Dengan demikian, tenaga yang ditawarkan mencapai 150 kW dan torsi 500 Nm.