Bagikan:

JAKARTA – Nissan dan Mitsubishi telah lama bekerja sama dalam aliansi strategis, berbagi platform untuk berbagai model di pasar global. Kini, muncul kabar menarik bahwa Mitsubishi tengah berdiskusi dengan Nissan terkait penggunaan basis model Patrol generasi terbaru untuk menghidupkan kembali SUV legendaris mereka, Pajero.

Isu ini semakin menguat setelah pernyataan dari Senior VP dan Chief Planning Officer Nissan untuk Afrika, Timur Tengah, India, Eropa, dan Oseania Francois Bailly.

4

"Kami sedang berdiskusi, tetapi belum ada keputusan pasti mengenai berbagi teknologi," ujar Bailly dikutip dari Drive, Rabu, 11 September.

Bailly menambahkan bahwa pihaknya masih membuka segala kemungkinan untuk berbagi basis dengan mitranya tersebut tergantung dengan negosiasinya seperti apa.

“Tetapi, kami bisa menjualnya, itu tergantung pada apa dan bagaimana. Jadi, antara iya dan tidak,” tambah Bailly.

Nissan Patrol terbaru tetap mempertahankan karakter SUV full-size yang gagah. Di bagian depan, grill V-Motion yang ikonik tampil lebih besar dan berwibawa, diapit oleh lampu depan berpola Double C dengan teknologi Adaptive Driving Beam (ADB) untuk visibilitas optimal saat malam hari. Tak hanya tangguh secara visual, Patrol juga dibekali dengan pelek 22 inci, yang mendukung kemampuan di jalan raya sekaligus meningkatkan performa off-road berkat ground clearance yang lebih tinggi.

Generasi ketujuh Patrol, atau dikenal dengan kode Y63, memiliki fitur Puddle Lamp yang menyala otomatis saat mendekati kendaraan dengan key fob atau membuka kunci pintu. Di bagian interior, Patrol menawarkan kemewahan dengan balutan kulit baru pada jok, terinspirasi dari kerajinan kayu tradisional Jepang, Kumiko.

Dari segi performa, Patrol disokong oleh mesin 3,5 liter V6 twin-turbo yang menghasilkan tenaga 425 dk dan torsi 700 Nm, meningkat 7% dari versi sebelumnya yang menggunakan mesin V8. Ada juga opsi mesin 3,8 liter naturally aspirated V6 dengan tenaga 316 dk dan torsi 386 Nm.

Sementara, Mitsubishi Pajero yang telah melalui empat generasi, terakhir kali diproduksi pada 2021. Kehadirannya kembali di segmen SUV full-size tentu akan menantang pesaing kuat seperti Toyota Land Cruiser 300, Mazda CX-90, dan Jeep Wagoneer.

Jika rencana ini terwujud, kembalinya Pajero bisa menjadi angin segar bagi penggemar SUV tangguh, sekaligus menambah panas persaingan di kelas kendaraan premium off-road. Apakah Mitsubishi akan menghadirkan Pajero dengan karakteristik baru yang tetap mempertahankan ketangguhannya? Kita tunggu kelanjutannya.