Bagikan:

RANGKASBITUNG – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance), bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui unit usaha syariahnya, serta bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 yang pertama di Pasar Rangkasbitung, pada 7-8 September 2024.

Festival ini menjadi awal dari rangkaian kegiatan yang akan diadakan di lima pasar tradisional Indonesia dari September hingga Desember 2024, yaitu Pasar Rangkasbitung, Lebak; Pasar Pahing, Kediri; Pasar Legi, Solo; Pasar Kosambi, Bandung; dan Pasar Ngasem, Yogyakarta.

Pasar Rangkasbitung dipilih sebagai lokasi perdana karena potensinya yang besar sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Kabupaten Lebak. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Yani, menyebutkan bahwa berdasarkan data Disperindag April 2024, ada sekitar 2.300 pedagang yang beroperasi di Pasar Rangkasbitung.

Namun, tantangan masih ada. Banyak kios yang kosong karena pedagang lebih memilih berjualan di luar area pasar atau dari rumah, karena dinilai lebih ramai pembeli. Fasilitas pasar yang belum memadai juga menjadi kendala dalam menjaga kenyamanan dan menarik minat pengunjung. Selain itu, adanya kewajiban sertifikasi halal untuk produk yang dijual menambah beban bagi para pedagang untuk meningkatkan kualitas usaha mereka.

Melihat tantangan ini, Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 digelar sebagai langkah untuk mendukung para pedagang, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta memastikan keberlanjutan pasar tradisional melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, yang mengajak masyarakat kembali berbelanja di pasar rakyat.

"FPR 2024 adalah inisiatif Adira Finance dalam rangka HUT ke-34, bekerja sama dengan pemerintah daerah dan mitra strategis. Kami ingin mendukung keberlanjutan pasar tradisional melalui program pemberdayaan, edukasi, kesehatan, seni, dan budaya, sehingga pasar rakyat bisa menjadi lebih kompetitif dan SEJAHTERA (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat). Ini selaras dengan visi Adira Finance untuk menciptakan nilai bersama yang meningkatkan kesejahteraan," ujar Handi, Head of Regional SSD Jabodetabek Adira Finance, dalam keterangan resminya, Sabtu, 7 September.

Adira Finance juga menawarkan berbagai promo menarik selama acara berlangsung. Salah satunya, pengunjung yang mengajukan kredit motor bisa mendapatkan diskon hingga Rp7 juta dan potongan cicilan 2 bulan untuk merek tertentu. Ada juga penawaran kredit sepeda listrik (e-bike) dengan cukup membayar Rp100 ribu untuk merek Viar, serta bunga spesial 2,85% dan biaya admin Rp200 ribu untuk merek Uwinfly. Bagi yang mengajukan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB kendaraan, akan mendapatkan cashback Rp300 ribu. Sementara, bagi konsumen yang mengajukan pembiayaan umroh, tersedia cashback uang saku sebesar Rp1 juta serta tambahan Rp100 ribu dalam bentuk adirapoin.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Festival Pasar Rakyat, kunjungi media sosial Adira Finance.