Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) membuka masa pra-pemesanan pada model Wuling Hongguang versi EV untuk pasar China. Dengan demikian, seri ini menawarkan versi EV dan ICE murni.

Dilansir CarNewsChina, Sabtu, 7 September, Hongguang EV mengalami perubahan desain pada bagian depan dengan memberikan tampilan lebih bulat dengan bagian grill yang ditutupi.

Kemudian, logo merek yang berada di tengah grill kini dipindahkan ke bagian kap depan. Bagian ekor belakang dibuat lebih sederhana dengan tampilan secara keseluruhan berwujud persegi.

Mobil berwujud MPV ini memiliki dimensi panjang 4.515 mm, lebar 1.725 mm, tinggi 1.790 mm, serta wheelbase yang mencapai 2.850 mm. Ini membuatnya sedikit lebih panjang dibandingkan versi yang dijual sebelumnya.

5

Untuk bagian interior, mobil ini ditawarkan dalam dua tata letak yang berbeda seperti lima tempat duduk (2+3) dan enam tempat duduk (2+2+2).

Lebih lanjut, kursi baris kedua dapat dilipat pada versi lima tempat duduk. Pendekatan yang sama juga dilakukan pada kursi baris ketiga untuk versi enam tempat duduk yang memberikan volume bagasi maksimal 2,8 m3.

Interiornya dilengkapi dengan outlet AC berbentuk persegi panjang dengan sejumlah knop kontrol dan setir kemudi berbentuk flat-bottomed yang lebih kekinian.

Dari segi keselamatan, Wuling Hongguang EV dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brakeforce distribution system, dan airbag untuk pengemudi sebagai fitur opsional. Pabrikan juga menawarkan layar kendali pusat mengambang berukuran 8 inci.

Fitur lainnya juga termasuk key fob, penurunan jendela samping pengemudi dengan hanya satu sentuhan, catu daya on-board 12V, serta radio.

7

Menenagai mobil ini adalah motor listrik berkekuatan 75 kW dengan torsi mencapai 180 Nm yang bekerja sama dengan baterai 32,6 kWh lithium-iron phosphate. Dengan demikian, ini dapat memberikan jarak tempuh hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Baterai tersebut cocok digunakan dengan pengisian daya cepat DC yang dapat mengisi energi dari 30 hingga 80 persen dalam 30 menit. Dengan perangkat charger AC, dapat terisi daya dari 20 ke 100 persen dalam sekitar 9 jam.

SGMW menawarkan mobil ini dengan tiga pilihan warna berbeda, yakni Polar White, Clear Sky Silver, dan Tungsten Steel Gray.

Meskipun harganya belum diungkap, diperkirakan Wuling Hongguang EV dijual senilai 69.800 – 72.800 yuan (Rp152,2 juta hingga Rp158,7 juta) atau lebih mahal dibandingkan versi bensin murni seharga 46.500 – 60.900 yuan (Rp101,4 juta sampai Rp132,8 juta). Mobil ini akan diluncurkan secara resmi pada akhir tahun ini.