Bagikan:

JAKARTA - Chery Omoda E5 telah menjadi primadona baru di Indonesia, dengan membukukan ribuan pemesanan dan mobil berdesain futuristik ini sudah mulai didistribusikan ke pelanggan.

Tampaknya, PT Chery Sales Indonesia (CSI) tengah mempersiapkan model mobil listrik lain setelah kesuksesan Omoda E5.

Sales Regional Manager, Johan Fithra Z, mengungkapkan bahwa Chery sedang mempersiapkan model mobil listrik baru. 

"Untuk model EV baru, ditunggu saja, ada potensinya," kata Johan saat ditemui di kawasan Tangerang, Senin, 1 Juli.

Johan menambahkan bahwa pasar mobil listrik di Indonesia telah mengalami peningkatan sejak tahun 2021, didukung oleh pengembangan infrastruktur oleh pemerintah. 

"Melihat pasar EV di Indonesia dari tahun 2021 hingga sekarang cukup meningkat meskipun naik turun, tetapi trennya rata-rata tumbuh setiap tahun seiring dengan perkembangan infrastruktur dari pemerintah," tambahnya.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) mencapai 1.984 unit pada Mei 2024. Penjualan kendaraan hybrid electric vehicle (HEV) mencapai 4.244 unit, dan plug-in hybrid vehicle (PHEV) sebanyak 13 unit.

Penjualan Omoda E5 sendiri tercatat sebanyak 755 unit, diikuti oleh Cloud EV sebanyak 452 unit, MG 4 EV sebanyak 330 unit, Air EV sebanyak 145 unit, dan Ioniq 5 sebanyak 66 unit.

Dengan semakin banyaknya merek China yang menawarkan mobil listrik di Indonesia, pilihan konsumen menjadi semakin luas dan menarik.