Bagikan:

JAKARTA - Raksasa baterai asal China yaitu Gotion High-tech yang juga pemasok baterai kendaraan listrik untuk beberapa model dari produsen seperti Geely, Wuling, BAIC, Leapmotor, Chery dan lainnya berencana untuk membangun pabrik penyimpanan energi di Spanyol, seiring dengan upaya perusahaan untuk merambah pasar internasional.

Mengutip dari laman CNevpost, Selasa, 4 Juni, Gotion baru-baru ini menandatangani perjanjian kerja sama dengan Phi4Tech Technology Group dari Spanyol dan Unicorn RE dari UEA.

"Ketiga pihak  berkolaborasi dalam penyimpanan energi dan pengembangan material baru di Spanyol," berdasarkan sebuah pernyataan dari Gotion.

Perusahaan akan bekerja sama dengan mitra di sektor energi Eropa dalam berbagai proyek mulai dari material baru hingga solusi energi final, dan berencana membangun pabrik penyimpanan energi di Spanyol dalam beberapa tahun ke depan.

"Kemitraan ini diharapkan dapat membuka titik pertumbuhan baru bagi Gotion di pasar penyimpanan energi Eropa dan akan memberikan peluang baru bagi kedua belah pihak untuk mempromosikan pengembangan rantai energi baru di Eropa selatan," tulis cuitan perusahaan.

Gotion menandatangani kesepakatan dengan Nanomate dan SiloGrid Phi4Tech untuk kerjasama bisnis masing-masing pada bahan baterai dan pembangkit listrik penyimpanan energi.

Unicorn RE mengatakan akan menggunakan sumber dayanya di UEA dan Eropa untuk membantu bisnis energi baru tersebut memasuki pasar Spanyol.

Seperti diketahui, Phi4Tech adalah grup teknologi energi yang beroperasi di bidang penambangan bahan mentah, proyek penyimpanan, dan desain material.

Grup ini merupakan pemilik tambang lithium terbesar kedua di Eropa dan satu-satunya tambang nikel, serta pemrakarsa proyek penyimpanan dan pabrik kapasitor ramah lingkungan terbesar di Eropa selatan, menurut pernyataan dari Gotion.

Sementar itu, Unicorn RE merupakan unit bisnis M&A internasional di UEA yang berspesialisasi dalam investasi lintas batas untuk perusahaan China dan Eropa.