Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi? Penting Lakukan Pengecekan Bagian Setir
Foto ilustrasi. (Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Agar mudik di tahun ini berjalan nyaman, aman, dan lancar, pemudik harus memastikan bahwa kondisi mobilnya prima, bagian setir misalnya.

Setir pada mobil berfungsi untuk menstabilkan pergerakan roda depan yang diarahkan oleh pengemudi. Ini penting untuk diperhatikan, terlebih lagi bagian ini terhubung langsung dengan pengemudi yang akan membawa penumpang

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Sapta Agung Nugraha mengatakan bahwa pengguna kendaraan harus memperhatikan beberapa kondisi pada setir kemudi, salah satunya dengan memperhatikan apakah ada suara yang aneh atau tidak.

“Saat kondisi berhenti, bila setir terdapat bunyi ‘klek-klek’ saat diarahkan ke kanan dan kiri, biasanya ini berkaitan dengan yoke steer yang mulai longgar,” kata Sapta kepada VOI, Rabu, 27 Maret.

Selain itu, calon pemudik diimbau untuk memeriksa apakah setir alami getaran. Karena bila bergetar, maka ini ada kaitannya dengan kondisi ban yang perlu diseimbangkan.

“Selain itu, gunakan ukuran ban sesuai ukuran standar untuk menghindari kerusakan pada komponen setir,” jelas Sapta.

Bagian power steering juga memerlukan perawatan yang rutin, salah satunya dengan periksa oli secara berkala dan ketahui berdasarkan warna cairan tersebut.

“Periksa oli power steering secara berkala, apabila warna sudah gelap sebaiknya diganti,” ucap Sapta.

Pastikan juga bagian keseluruhan setir kemudi harus terlihat baik, seperti mengecek apakah terdapat robek pada bagian bawah. Bila ada robekan, maka debu, air, hingga kotoran akan masuk dan mempengaruhi performa roda kemudi.

“Pastikan boot (karet) pada bagian bawah setir tidak robek. Jika alami kerobekan, maka debu, air, dan kotoran akan masuk dan merusak komponen power steering,” pungkas Sapta.