Di IIMS 2024 Jokowi Tegaskan Masa Depan Otomotif Indonesia adalah EV
Presiden Jokowi berkeliling area pameran IIMS 2024. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 secara resmi dimulai hari ini hingga 25 Februari mendatang. Ajang tahunan ini diramaikan oleh sejumlah pelaku industri otomotif terdiri dari merek mobil, motor, aftermarket, hingga aksesori.

Salah satu acara otomotif terbesar tahunan di Indonesia ini dibuka oleh presiden RI, Joko Widodo, serta beberapa jajaran Menteri lainnya, yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini cukup terkesan dengan pameran IIMS edisi 2024 yang memamerkan ragam jenis kendaraan mulai dari hybrid hingga mobil listrik dan berharap masa depan otomotif Indonesia ialah elektrifikasi.

“Banyak yang dipamerkan, mobil listrik. Ya memang masa depan otomotif Indonesia itu di mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya,” kata Jokowi saat wawancara dengan media di sela-sela acara di Kemayoran, Kamis, 15 Februari.

Meskipun demikian, ia belum memberikan kepastian bakal ditambahkannya insentif mobil listrik di Indonesia. Tapi, pihaknya saat ini telah mendorong pengurangan PPN yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan penjualan EV.

“Untuk saat ini belum. Tapi, kita sudah mendorong dengan pengurangan PPN dan diharapkan dapat mendorong penjualan dan baliknya mendorong subsidi pabrik-pabrik EV yang ada di Indonesia,” tambah Jokowi.

Diketahui IIMS sebagai ajang otomotif bergengsi di Indonesia, mempersembahkan inovasi terkini dari Agen Pemegang Merek (APM) dan pelaku industri otomotif secara keseluruhan.

Selain itu, gelaran tahun ini juga menampilkan komunitas boating, sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat mengenai industri maritim, melalui komunitas Indonesia Boating Gathering.

Pihak penyelenggara secara resmi memasang harga tiket masuk IIMS 2024 khusus hari pertama 15 Februari ini dibanderol senilai Rp150.000. Lalu Rp50.000 untuk Senin hingga Kamis, Rp85.000 untuk hari Jumat hingga Minggu.

Sementara itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman konser di Infinite Live, dapat membeli tiket kombinasi senilai Rp75.000 untuk hari Senin hingga Kamis (berlaku pada 20 dan 22 Februari dan Rp185.000 untuk akhir pekan.