4 Tips Memilih Lampu LED Mobil, Jangan Asal Sinarnya Terang!
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Lampu menjadi elemen penting dalam mobil karena berfungsi sebagai penerangan ketika berkendara. Model-model mobil keluaran baru telah menggunakan lampu light-emitting Diode (LED) karena mengeluarkan cahaya lebih terang. Bagi Anda yang ingin mengganti komponen ini, ketahui tips memilih lampu LED mobil. 

Lampu LED mobil memiliki kelebihan dibandingkan lampu biasa, yakni bisa lebih terang dan hemat energi. Pemilihan lampu LED mobil perlu dipertimbangkan sebaik mungkin supaya agar penerangan mobil bisa sesuai keinginan. Hindari memilih produk lampu LED yang abal-abal atau kualitasnya buruk, sebab biasanya masa pakainya tidak awet. 

Lampu LED tidak hanya dipasangkan pada mobil-mobil terbaru, namun juga banyak dipilih pengemudi untuk mengganti lampu mobil bekas atau keluaran lama. Lantas bagaimana tips memilih lampu LED mobil saat membelinya?

Tips Memilih Lampu LED Mobil

Tak ada salahnya pemilik mobil lama untuk mengganti lampunya menggunakan lampu LED. Lampu jenis ini memberikan cahaya lebih terang dengan tetap hemat energi listrik. Namun pastikan Anda tidak memilih lampu LED secara asal-asalan agar tidak kecewa dengan hasilnya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda membeli lampu LED mobil. Berikut ini beberapa tips memilih lampu LED mobil yang perlu Anda tahu:

Pilih Lampu dengan Pancaran Sinar yang Fokus

Hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih lampu LED mobil adalah pancaran sinarnya. Pilihlah lampu yang bisa memberikan pancaran sinar yang fokus dan tidak terlalu melebar. Hal ini akan mendukung kenyamanan Anda ketika berkendara, khususnya saat malam hari atau melewati jalan gelap. 

Lampu LED dengan sinar fokus mampu menerangi arah depan dengan jangkauan lebih jauh. Sementara ketika lampu menyebar, biasanya jarak jangkauan sorotannya lebih pendek dan cahaya kurang terang karena menyebar. Jadi pastikan memilih lampu yang memberikan sinar cahaya fokus dan memiliki bracket untuk menahan dari guncangan. 

Pastikan ada Heat Sink atau Kipas

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih lampu LED adalah memastikan adanya heat sink atau kipas. Lampu LED mobil yang akan digunakan untuk lampu utama atau headlamp harus memiliki kipas atau heat sink untuk menjaga suhu lampu. 

Dengan adanya heat sink pada lampu maka dapat menjaga agar bohlam tidak cepat panas, sehingga masa pakai lampu bisa lebih lama. Apabila lampu tidak memiliki heat sink maka akan cepat panas dan membuat usia pakainya lebih cepat. 

Sesuaikan Jenis Lampu dengan Kebutuhan

Tips memilih lampu LED selanjutnya adalah menentukan jenis lampu yang akan digunakan. Ada berbagai jenis lampu mobil, mulai dari lampu utama atau headlamp, lampu sein, stop lamp, bumper lamp, dan lainnya. Pastikan Anda membeli lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan pada mobil Anda. 

Pastikan Memilih Warna yang Sesuai Kegunaan

Warna cahaya juga menjadi pertimbangan penting ketika Anda memilih lampu LED. Setiap produk lampu LED memiliki spesifikasi dengan warna tertentu yang ditandai dengan satuan Kelvin (K). Tentukan dulu kegunaan lampu, apakah untuk lampu utama, lampu kabut, atau lampu senja. 

Jika Anda ingin membeli lampu LED sebagai lampu utama, sebaiknya pilih yang memiliki temperatur 4.300K berwarna putih kekuningan. Anda juga bisa memilih lampu dengan temperatur 6.000K yang berkelir putih bening. 

Apabila Anda ingin menggunakan untuk lampu senja, disarankan memilih lampu LED bertemperatur 4.300K agar tidak menyebabkan silau kendaraan lain dari lawan arah. Sementara untuk lampu kabut, sebaiknya Anda memilih lampu dengan temperatur 2.800-3.000K yang berwarna kuning keemasan. 

Demikianlah beberapa tips memilih lampu LED mobil yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan roda empat. Lampu LED bisa untuk mobil model terbaru maupun mobil keluaran lama agar memiliki cahaya lebih terang dan hemat energi. Baca juga apa itu facelift dan all new pada mobil.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.