Bagikan:

YOGYAKARTA - Facelift dan all new merupakan istilah dalam dunia otomotif yang penting untuk dipahami para pecinta mobil. Meski keduanya sama-sama pembaruan pada desain mobil, tapi terdapat perbedaan yang masih belum banyak orang tahu. Lantas apa itu facelift dan all new pada mobil?

Masih banyak orang awam mengira bahwa facelift dan all new adalah hal yang sama sebagai pembaruan model mobil. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang jelas dari perubahan desain hingga fitur dan teknologinya. Mengetahui apa itu facelift dan all new penting untuk membantu Anda memilih mobil sesuai kebutuhan. 

Apa Itu Facelift dan All New pada Mobil?

Facelift merupakan pembaruan minor pada desain interior dan eksterior mobil yang sudah ada. Sementara all new adalah perubahan model mobil yang sepenuhnya baru dan signifikan pada desain, fitur, hingga teknologinya. 

Apa Itu Facelift Mobil?

Facelift mobil adalah pembaruan minor pada desain mobil untuk memberikan tampilan yang lebih segar atau baru. Pembaruan desain ini dilakukan pada mobil yang sudah ada, namun tanpa menerapkan perubahan secara drastis. 

Facelift mobil dilakukan dengan tujuan memperbarui tampilan mobil yang sudah ada supaya tetap up to date dengan tren desain terkini. Facelift kerap diterapkan pada model mobil yang masih populer dan sukses atau memiliki permintaan tinggi di pasaran. Dari dua pertimbangan tersebut, produsen mobil ingin tetap mempertahankan daya tarik dan relevansi model mobil. 

Apa Itu All New Mobil?

All new pada mobil adalah pembaruan model mobil secara keseluruhan atau sepenuhnya baru. Pembaruan dilakukan secara signifikan pada desain interior, eksterior, fitur, teknologi, dan platform dasarnya. All new umumnya melibatkan pengembangan mobil dari awal dan dihadirkan sebagai generasi baru dari model sebelumnya. 

All new mobil dilakukan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih segar dan inovatif bagi para pengemudi atau penggunanya. Dengan proses dari awal, produsen mobil bisa memberikan desain yang benar-benar baru, teknologi canggih, dan meningkatkan kinerja yang lebih optimal. Selain itu, all new juga menjadi upaya bagi produsen mobil untuk mengikuti tren terbaru dalam desain dan teknologi otomotif. 

Perbedaan Facelift dan All New Mobil

Perbedaan facelift dan all new mobil bisa dilihat secara jelas dari karakteristik dan kelebihan masing-masing jenis mobil. Untuk memahami lebih mendalam mengenai kedua istilah tersebut, berikut ini beberapa perbedaan all new dan facelift pada mobil:

Perubahan Desain Interior

Facelift mobil umumnya dilakukan dengan melibatkan perubahan minor pada desain interior, seperti pada material atau trim yang diperbarui dan peningkatan fitur interior. Namun perubahan tersebut tidak lebih signifikan dibanding all new mobil. All new pada mobil diterapkan dengan desain interior sepenuhnya baru, termasuk perubahan pada material, tata letak, dan fitur-fitur yang lebih terkini.

Perubahan Desain Eksterior

Facelift mobil biasanya diterapkan untuk perubahan minor pada desain eksterior, seperti grill, bumper, lampu depan, dan detail kecil lainnya. Sementara itu, all new mobil memberikan perubahan desain eksterior lebih signifikan. Perubahan atau pembaruan all new mobil termasuk pada proporsi mobil, lampu, bentuk bodi, dan detail eksterior lainnya.

Perubahan Fitur dan Teknologi

Facelift memang memberikan peningkatan beberapa fitur dan teknologi pada mobil. Misalnya pada fitur untuk hiburan terbaru atau keselamatan tambahan. Sementara all new pada mobil sering kali menyediakan fitur dan teknologi yang sepenuhnya baru dan inovatif, yang belum ada pada model terdahulu.

Harga dan Ketersediaan di Pasaran

Facelift umumnya dibanderol dengan harga yang relatif lebih rendah daripada all new mobil. Lantaran facelift adalah pembaruan pada model yang sudah ada, mobil facelift mudah ditemukan di pasar bersamaan dengan model mobil keluaran sebelumnya. Sementara all new mobil biasanya diperkenalkan sebagai generasi baru dan dijual dengan harga yang lebih tinggi karena perubahan atau pembaruan yang signifikan.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu facelift dan all new pada mobil sebagai pembaruan model mobil atau desain mobil. Baik mobil facelift maupun all new memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pastikan Anda memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.