4 Warna Mobil Paling Diminati di Indonesia, Apa Saja?
Ilustrasi mobil warna putih (Foto: Pixabay/ArtisticOperations)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Warna mobil punya kontribusi besar terhadap penjualan. Berdasarkan survey, ada warna tertentu yang membuat mobil cepat laku terjual atau bisa dibilang memiliki banyak peminat. Nah, bila Anda saat ini memiliki rencana untuk membeli mobil idaman, tidak ada salahnya untuk mengetahui warna mobil paling diminati di Indonesia. Sehingga, bila suatu saat Anda bosan dan berniat menjual mobil tersebut, Anda tidak menemukan kesulitan yang berarti.

Warna Mobil paling Diminati di Indonesia

Di Indonesia, warna populer mobil atau warna yang paling diminati adalah warna-warna akromatik, seperti putih, hitam, silver dan abu-abu.

Hal ini didasarkan pada data yang dirilis oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun lalu. Adapun penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Warna putih

Mobil warna putih berkontribusi sebesar 36 persen terhadap penjualan mobil Daihatsu pada 2019, kemudian 34 persen pada 2020, dan 32 persen pada 2022.

Salah satu alasan mengapa mobil berwarna putih sangat digemari adalah karena memiliki resale value atau nilai jual kembali yang lebih tinggi ketimbang warna lainnya. Terlebih bila jarak tempuhnya masih sedikit, harga jual kembali pun bakal tambah bagus.  

Selain itu, mobil dengan warna putih juga memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya:

  • Tidak mudah menyerap panas, sehingga kabinnya terasa lebih adem pada saat siang hari.
  • Bisa menyembunyikan goresan yang berpotensi mengurangi nilai estetis pada mobil.
  • Penampilan mobil terlihat mewah dan elegan.

2. Warna hitam

Warna mobil paling diminati di Indonesia yang berikutnya adalah warna hitam. Menurut data ADM, warna ini berkontribusi sebesar 21 persen terhadap penjualan mobil Daihatsu pada 2019, kemudian 22 persen pada 2020 dan 2021.

Mobil warna hitam memiliki popularitas yang tinggi, sebab menawarkan sejumlah kelebihan, di antaranya:

  • Terlihat elegan dan stylish.
  • Dapat menonjolkan bentuk dan detail mobil.
  • Memiliki nilai jual kembali yang tinggi.
  • Terlihat mewah dan formal.
  • Memberikan kesan maskulin.

3. Warna silver

Warna silver menempati urutan ketiga dalam daftar warna mobil paling digemari di Indonesia.

Berdasarkan data ADM, warna silver punya kontribusi sebesar 17 persen terhadap tingkat penjualan mobil Daihatsu pada 2019, kemudian 16 persen pada 2020 dan 2021.

Dikutip dari Car Roar, mobil warna silver sangat digemari karena dapat memberikan kesan bersih. Artinya, warna silver yang diaplikasikan pada mobil dapat menyamarkan debu dan kotoran lain ketimbang warna hitam dan putih.

Bagi Anda yang malas mencuci mobil, warna silver untuk mobil bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

4. Warna abu-abu

Mobil berwarna abu-abu juga memiliki banyak peminat di Indonesia. Data ADM menunjukkan, warna abu-abu berkontribusi sebesar 14 persen terhadap penjualan mobil Daihatsu pada 2019, kemudian 14 persen pada 2020 dan 15 persen pada 2021.

Mobil warna abu-abu sangat digemari, sebab dianggap memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Terlihat mewah dan berkilau ketimbang warna akromatik lain, seperti putih, hitam, dan silver.
  • Tidak gampang kotor.
  • Mudah terlihat bersih saat dicuci.
  • Memiliki resale value yang tinggi.

Demikian informasi tentang warna mobil paling diminati di Indonesia. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.