Bagikan:

JAKARTA - Solusi digital pembelian suku cadang asli Suzuki, MySuzuki, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018, mengalami peningkatan signifikan dalam penjualan hingga akhir tahun 2023. Solusi digital ini mencakup layanan pembelian suku cadang, aksesori, genuine oil & chemical, dan layanan booking service secara online.

Dilansir dari laman resmi merek, Kamis, 21 Desember, MySuzuki mencatat pertumbuhan positif sebesar 46 persen dalam penjualan suku cadang sepeda motor dan mobil dibandingkan Oktober 2023, dengan peningkatan mencapai 79 persen secara year on year (yoy). Kesuksesan ini diyakini berasal dari keberhasilan MySuzuki dalam menyediakan layanan yang lengkap dan efisien, memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan mudah dan melacak status pesanan suku cadang mereka dalam satu aplikasi pintar.

Christiana Yuwantie, Kepala Departemen Suku Cadang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyatakan bahwa Suzuki berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengikuti perkembangan teknologi dengan menghadirkan aplikasi MySuzuki. Aplikasi ini membantu pelanggan terutama dalam pembelian suku cadang dan mempermudah layanan booking service di dealer terdekat.

“Di era digital ini, kami melihat perubahan perilaku masyarakat yang semakin beralih ke pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Menghadapi perubahan ini, Suzuki beradaptasi dengan memperkenalkan MySuzuki, yang kini telah menjadi pilihan utama pelanggan dalam mengakses berbagai layanan yang kami tawarkan," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima pada Jumat, 22 Desember.

Peningkatan kinerja dan pelayanan MySuzuki sejalan dengan pertumbuhan pembelian suku cadang dan booking service melalui aplikasi ini. Dibandingkan dengan Oktober 2023, penjualan suku cadang melalui MySuzuki pada bulan November 2023 mengalami peningkatan sebesar 18 persen untuk sepeda motor dan 68 persen untuk mobil. Jika dibandingkan dengan November 2022, penjualan MySuzuki pada November 2023 mencatat peningkatan sebesar 30 persen untuk sepeda motor dan 28 persen untuk suku cadang mobil.

Dari data penjualan ini, terungkap bahwa pemesanan suku cadang melalui MySuzuki didominasi oleh wilayah di luar Jabodetabek. Untuk sepeda motor, wilayah Jawa Barat menjadi yang tertinggi, diikuti oleh Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten. Sementara untuk mobil, wilayah Nusa Tenggara Barat menjadi yang paling dominan, diikuti oleh Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

Distribusi yang merata hingga ke luar Jabodetabek dan luar pulau Jawa dapat direalisasikan berkat dukungan jaringan dealer resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, jaringan distribusi dan pelayanan MySuzuki didukung oleh 47 diler mobil, 17 diler sepeda motor, dan 4 diler Outboard-Motor (OBM).

Data akumulasi dari pemesanan MySuzuki sejak peluncurannya menunjukkan bahwa pemesanan suku cadang terbanyak masih didominasi oleh sepeda motor dengan kontribusi sebesar 59,79 persen, sedangkan mobil mencapai 40,12 persen. Layanan penjualan suku cadang sepeda motor telah dilayani sejak tahun 2018, sementara untuk mobil baru dimulai pada tahun 2020.

Suzuki, yang telah merambah ke seluruh wilayah Indonesia, memberikan keamanan dan kenyamanan tambahan kepada pelanggan dengan memberlakukan kebijakan harga yang sama, yaitu jaminan 1 harga. Sehingga, harga yang diterima konsumen tetap konsisten, tidak tergantung pada wilayah tempat mereka berada.

"Melalui pencapaian ini, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah mempercayakan pembelian suku cadang, aksesoris, hingga booking service secara online melalui aplikasi MySuzuki. Tentu saja, angka ini menjadi motivasi dan semangat kami untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik melalui MySuzuki agar seluruh pelanggan setia kami bisa merasakan manfaat dan kemudahannya,” tutup Christiana.