Toyota Ganti Logo Khas Cahaya Biru dengan Bulatan Biru pada Kendaraan Hybrid dan Listrik? Ini Penyebabnya
Emblem baru untuk kendaraan ramah lingkungan Toyota yang ada pada Camry generasi kesembilan. (Dok. Toyota USA)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota merupakan pabrikan terdepan yang gencar meluncurkan kendaraan dengan teknologi hybrid. Untuk membedakan model hybrid dengan ICE Toyota adalah pada logo yang mendapat sentuhan lingkaran cahaya biru dan mulai dilakukan pabrikan asal Jepang tersebut sejak 2009.

Dikutip dari Pressroom Toyota Indonesia, Toyota pertama kali menggunakan warna biru sebagai simbol kendaraan elektrifikasi dengan mengaplikasikannya pada logo Toyota yang disematkan di Toyota Prius Gen-3 yang lahir di tahun 2009.

Hybrid Synergy Blue, begitu istilah yang diaplikasikan sebagai aksen yang terlihat apik pada logo, sudut lampu depan, hingga tuas transmisi Prius, tampil sebagai simbol keseriusan Toyota dalam menggarap kendaraan elektrifikasi.

Namun, penampilan ini tampaknya akan segera berubah, terbukti dengan peluncuran Camry baru-baru ini. Generasi kesembilan Camry memperlihatkan perubahan signifikan, dengan logo yang tidak lagi dikelilingi oleh cahaya biru. Sebaliknya, logo tersebut kini menampilkan sebuah bulatan biru pada bagian lencana huruf 'HEV' di bagian belakang.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu, 25 November, Toyota menjelaskan bahwa lingkaran biru sebelumnya diartikan sebagai 'kebahagiaan manusia yang hidup di bumi dan ingin mewariskannya kepada generasi berikutnya.'

6
Logo Toyota mendapat sentuhan lingkaran biru pada model RAV4. (Dok. Torque News)

Perubahan ini kemungkinan besar menandakan bahwa bulatan biru akan menjadi logo pengganti lingkaran biru pada kendaraan hybrid, plug-in hybrid, sel bahan bakar, dan bahkan mobil listrik Toyota.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Toyota, yang menyatakan bahwa perubahan ini dimulai dengan model Camry dan Crown terbaru, dan akan berlanjut ke model lain seperti Prius.

Bulatan biru ini juga akan menjadi ciri khas pada kendaraan listrik terbaru Toyota, yaitu bZ3X. Dalam foto teaser, bagian belakang bZ3X menampilkan logo 'BEV' dengan bulatan biru yang mendominasi bagian atasnya.

Perubahan ini sejalan dengan kampanye pemasaran 'Beyond Zero' Toyota, yang mewakili komitmen perusahaan untuk menghasilkan berbagai jenis kendaraan energi baru, bukan hanya mobil listrik. Dengan menggunakan titik biru pada berbagai model, Toyota berupaya untuk menekankan strategi mereka dalam mencapai tujuan lingkungan dan netralitas karbon.