Kampas Rem Bau Gosong? Ini Penyebab dan Solusinya
Ilustrasi kampas rem (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda mendapati kampas rem bau gosong pada mobil? Kondisi itu terjadi bukan tanpa sebab. Pemilik kendaraan harus tahu apa saja yang menjadi penyebab munculnya bau gosong karena rem terbakar.

Kampas Rem Bau Gosong

Tahukah Anda bahwa peningkatan suhu pada kampas rem membuat permukaannya mengeras hingga memicu gesekan. Saat itu terjadi maka akan menimbulkan bau gosong. Peningkatan suhu pada kampas rem sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal. Berikut ini beberapa pemicu kampas rem bau gosong.

  1. Intensitas Pengereman Tinggi

Munculnya bau gosong di area kampas rem bisa terjadi karena intensitas penggunaan rem cukup tinggi. Biasanya hal ini terjadi saat pengendara mengendarai kendaraan di track pegunungan yang didominasi turunan maupun tanjakan. Selain itu penggunaan rem yang sering berlebihan juga kerap dilakukan saat berkendara di area  dengan traffic padat.

Salah satu tips mengurangi penggunaan rem tinggi agar kampas rem tidak terbakar adalah dengan memanfaatkan gigi transmisi rendah atau sistem pengereman di mesin yang disebut engine brake. Sistem ini sangat membantu menahan laju kendaraan di jalanan menurun. Mesin akan membantu menahan kendaraan melaju lebih pelan. Sayangnya tips ini hanya berlaku bagi kendaraan transmisi manual.

Untuk kendaraan transmisi matic, pengendara bisa berhenti di area yang cukup datar sebelum melanjutkan perjalanan. Waktu jeda tersebut digunakan untuk mendinginkan kampas rem.

  1. Kampas Rem Kondisi Baru

Bau gosong juga bisa muncul karena kampas rem baru. Hal itu terjadi karena permukaan kampas rem masih tebal sehingga terjadi gesekan setelah dipasang. Jika itu terjadi pengguna kendaraan tak perlu khawatir karena aroma gosong pelan-pelan akan hilang setelah rem beberapa kali digunakan.

  1. Kebocoran Minyak atau Oli

Aroma gosong juga akan muncul ketika terdapat minyak atau oli yang bocor di area roda. Kebocoran tersebut biasanya terjadi di area kaliper rem. Bahkan saat minyak atau oli terbakar akan disertai asap tipis. Untuk menghindari hal ini lakukan perawatan komponen rem secara rutin.

Solusi Kampas Rem Terbakar

Pemilik kendaraan disarankan untuk memiliki pengetahuan tentang solusi apa yang bisa dilakukan untuk menghindari kampas rem terbakar hingga menimbulkan bau gosong yakni sebagai berikut.

  1. Lakukan Pengecekan Rutin

Pengecekan komponen rem secara rutin sangat penting dilakukan. Pasalnya, rem sangat penting untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan. Pengecekan bisa dilakukan saat servis rutin. Usahakan cek ketebalan kampas rem, cek juga komponen lain seperti piringannya.

  1. Perbaiki Teknik Mengemudi

Teknik mengemudi juga berpengaruh pada performa rem, terutama saat pengemudi terlalu banyak mengerem di jalanan menurun. Selain itu jangan gunakan rem secara berlebihan.

  1. Hindari Kebiasaan Menempatkan Kaki di Pedal Rem

Kebiasaan buruk pengemudi yang menempatkan kaki di pedal rem juga bisa memicu bau gosong dari kampas rem. Pasalnya, menempatkan kaki di pedal rem membuat rem bekerja secara terus menerus sehingga secara tidak sadar kampas terus bergesekan sepanjang perjalanan.

Itulah informasi terkait kampas rem bau gosong. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.