Bagikan:

YOGYAKARTA - Piringan cakram menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Piringan ini berfungsi untuk pengereman atau memperlambat laju mobil ketika pedal rem diinjak. Namun tidak sedikit pemilik mobil yang mengeluhkan piringan cakramnya yang cepat aus. Lantas apa penyebab piringan cakram cepat tipis?

Piringan cakram merupakan bagian yang kerap bekerja saat mobil dikemudikan. Ketika pengemudi ingin memperlambat atau memelankan laju mobilnya, benda berbentuk lingkaran ini akan bergesekan dengan kampas rem ketika pedal rem diinjak. Lantaran pemakaian yang terlalu sering, piringan cakram bisa cepat tipis. 

Para pemilik mobil tentunya perlu memperhatikan dan merawat piringan cakram agar selalu berfungsi dengan baik. Sebab piringan ini menunjang kenyamanan dan keamanan saat mengemudi. Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu penyebab piringan cakram cepat tipis. 

Penyebab Piringan Cakram Cepat Tipis

Piringan cakram akan semakin terkikis ketika terus bergesekan dengan kampas rem. Meski kondisi ausnya atau menipisnya tidak secepat kampas rem, namun para pemilik mobil kerap tidak sadar ketika piringan cakram sudah tips. 

Selain intensitas pemakaian rem yang terlalu sering, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat piringan cakram jadi cepat tipis. Setiap kampas rem punya batasan ketebalan dan harus diganti secara berkala. Namun karena komponen ini terletak di dalam atau tersembunyi maka pemilik mobil seringkali mengabaikan dan lupa kondisinya.

Penggunaan Kampas Rem yang Sudah Tipis

Kampas rem yang sudah banyak tergerus dan tidak segera diganti akan membuat piringan cakram cepat tipis. Jika kampas rem sudah tipis tapi masih dipaksakan untuk digunakan maka terjadi gesekan berlebihan pada piringan cakramnya. 

Besi dudukan yang ada di kampas rem akan bergesekan dengan piringan cakram yang bermaterial baja. Kondisi tersebut akan membuat piringan cakram jadi cepat tergerus dan menipis. 

Kualitas Kampas Rem Kurang Bagus

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan piringan cakram cepat tipis adalah karena kualitas kampas rem yang kurang bagus. Ada banyak jenis kampas rem yang dijual di pasaran atau toko onderdil mobil. Setiap jenis kampas rem menawarkan keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. 

Pemilik mobil sebaiknya tidak asal pilih kampas rem untuk mobilnya. Disarankan untuk menggunakan kampas rem yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan mobilnya atau ahli otomotif. Kampas rem berkualitas bagus akan mempengaruhi masa pakai piringan cakram jadi lebih lama dan tidak cepat tergerus.

Jenis-Jenis Piringan Cakram Mobil

Ada beberapa jenis rem cakram mobil yang dibedakan berdasarkan mekanisme kerja hingga bentuknya. Berikut ini jenis-jenis piringan cakram mobil yang perlu diketahui pemilik kendaraan roda empat. 

Rem Cakram dari Mekanisme Kerjanya

Dari segi mekanisme kerjanya, rem cakram mobil terbagi menjadi dua, yaitu rem cakram mekanis dan rem cakram hidrolik. Rem cakram mekanis bekerja menggunakan kawat kabel guna menghubungkan antara tuas rem dan kaliper rem. Sementara rem cakram hidrolik bekerja dengan memanfaatkan cairan alias fluida sebagai daya untuk pengereman.

Rem Cakram dari Kapiler

Berdasarkan kalipernya, rem cakram mobil terbagi dalam dua tipe yaitu fixed caliper dan floating caliper. Rem cakram fixed caliper berarti kalipernya bersifat tetap atau tidak berubah posisi saat pengereman. Sementara cakram floating caliper artinya memakai kaliper mengambang yang posisinya dapat bergerak ke kiri dan kanan atau menyesuaikan tekanan saat pengereman. 

Rem Cakram dari Jumlah Piston

Ada dua jenis rem cakram yang berdasarkan jumlah pistonnya, yaitu single piston dan double piston. Rem cakram single piston hanya mempunyai satu piston dan biasanya digunakan pada mobil dengan velg berdiameter kecil. Sementara cakram double piston memiliki dua piston dan biasanya dipakai pada mobil dengan velg dan kampas rem lebar. 

Demikianlah ulasan penyebab piringan cakram cepat tipis yang perlu diketahui oleh pemilik mobil. Perlakuan atau penggunaan mobil dan kualitas kampas rem sangat mempengaruhi usia pakai piringan cakram. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu mengecek dan melakukan perawatan pada piringan cakramnya secara berkala. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.