YOGYAKARTA – Sebagai pengendara sepeda motor, Anda harus tahu bahwa suhu piringan cakram motor bisa naik atau dalam kondisi panas. Saat kondisi tersebut terjadi, rem berpotensi tidak bekerja secara optimal. Lalu apa penyebab piringan cakram motor panas dan bagaimana mengatasinya?
Penyebab Piringan Cakram Motor Panas
Seperti diketahui ada dua sistem pengereman sepeda motor yakni sistem sistem rem tromol alias drum brake dan model rem cakram atau disc brake. Model model rem cakram atau disc brake banyak ditemukan di produk sepeda motor keluaran terbaru.
Cara kerja rem cakram sebenarnya sederhana yakni memanfaatkan jepitan. Saat sepeda motor melaju, pengereman akan membuat cakram terjepit kampas rem sehingga laju kendaraan melambat. Tipe ini lebih sederhana dan efisien, namun berpotensi mengalami peningkatan suhu pada cakram.
Sebenarnya cakram yang panas wajar terjadi. Yang perlu diwaspadai adalah seberapa panas cakram tersebut karena semakin panas cakram dikhawatirkan kinerja rem jadi terganggu. Berikut ini penyebab cakram mengalami panas.
- Intensitas Pengereman yang Terlalu Sering
Rem cakram banyak ditekan oleh pengendara sepeda motor matic terutama saat menemui jalanan menurun. Semakin panjang jalan yang harus ditempuh, rem cakram semakin bekerja keras menahan laju kendaraan. Kondisi ini berpotensi besar membuat cakram panas.
Untuk mengantisipasi panasnya rem cakram solusinya adalah metode pengereman yang dilakukan yakni rem-lepas-rem. Ulangi metode tersebut sampai jalanan datar dan laju kendaraan sudah bisa dikendalikan.
Selain itu pengereman bisa dibarengi dengan menekan rem pada roda belakang. Hindari penggunaan rem depan secara terus menerus.
- Faktor Minyak atau Oli Rem
Usahakan untuk terus memantau minyak atau oli rem. Minyak ini bekerja dengan mendorong kaliper sehingga kampas bisa menjepit cakram. Jika minyak rem habis atau kurang, maka gerak balik piston jadi terganggu. Saat itu terjadi kampas dan cakram akan terus bergesekan dan membuat suhu makin panas.
Untuk menghindari panasnya cakram akibat minyak rem habis atau berkurang, usahakan untuk melakukan pengontrolan setiap servis dilakukan.
- Master dan Caliper Rem sudah Harus Diganti
Di bagian master dan caliper terdapat seal untuk merapatkan dan mengganti pegas. Seal yang sudah lama akan makin mengeras sehingga kerja piston dan caliper pada rem terganggu. Kondisi tersebut juga memicu pengereman jadi berat, menyebabkan gesekan di cakram hingga panas. Usahakan untuk menggantinya secara rutin.
- Kampas Rem Habis
Kampas rem harus diganti agar penjepitan cakram bisa berjalan maksimal. Saat kampas rem habis, gesekan akan terjadi antara alas kampas dengan cakram hingga membuat suhu cakram overheat.
Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengganti kampas rem sesuai kondisinya. Jangan tunggu kampas benar-benar gundul atau habis.
- Komponen Tidak Original
Komponen rem cakram menggunakan produk yang tak original berpotensi membuat cakram gampang panas. Originalitas komponen sendiri berpengaruh pada kualitas pengereman dan ketahanan material. Usahakan menggunakan cakram, kampas, atau komponen pengereman lain dengan merek terpercaya.
Selain rem, pemilik kendaraan juga harus merawat sepeda motor dengan rutin ganti oli mesin jangan sampai telat. Pasalnya komponen motor yang rusak akibat telat ganti oli mesin membuat Anda merogoh kocek dalam.
Itulah informasi terkait penyebab piringan cakram motor panas. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.