Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilik mobil perlu membawa ban serep setiap melakukan perjalanan untuk jaga-jaga jika ban utama bermasalah. Meski sebagai cadangan, ban ini tetap perlu diperhatikan perawatannya termasuk tekanan anginnya. Lantas seberapa tekanan angin ideal untuk ban serep mobil?

Ban serep mobil biasanya disimpan di dalam bagasi atau kolong mobil. Karena ditaruh di tempat tersembunyi, seringkali pemilik mobil mengabaikan kondisi ban serep. Jangan sampai ban cadangan ini kempis atau rusak sehingga tidak layak digunakan. Tekanan angin ideal untuk ban serep juga lebih tinggi dibanding keempat ban utama. 

Tekanan Angin Ideal untuk Ban Serep 

Ban serep harus memiliki tekanan angin yang lebih tinggi dibanding ban utama mobil. Pakar otomotif menyebut tekanan angin wajib lebih tinggi 2-3 Pound per Square Inch (psi). Ban serep harus diisi dengan tekanan udara lebih tinggi bukan tanpa alasan. 

Ban serep perlu memiliki tekanan angin lebih tinggi karena ban ini hanya disimpan dan digunakan jika dibutuhkan saja. Ketika disimpan dalam waktu lama, tekanan angin pada ban akan mengalami penyusutan atau perlahan turun. 

Dengan tekanan angin tinggi, ketika pemilik mobil butuh memakai ban serep maka ban tersebut layak digunakan. Sementara jika tekanan udara diisi rendah, kondisi ban tidak layak dipakai untuk mengganti ban utama. 

Pemilik mobil perlu mengecek ban serep setiap 1-2 minggu sekali untuk memastikan kondisi ban tetap terjaga baik. Jadi kalau ada penyusutan ban, maka pemilik bisa langsung mengisinya. Tidak masalah jika ingin mengisi ban serep dengan udara hingga 50 sampai 60 psi. 

Tekanan angin ban serep selalu mengalami penurunan atau berkurang tiap bulannya. Pemilik mobil bisa menggunakan alat pengukur tekanan angin ban yaitu tire gauge untuk memantau tekanan udara ban serep. 

Cara Merawat Ban Serep Mobil

Ban serep perlu diperhatikan dan dirawat agar kondisinya selalu terjaga dan siap untuk digunakan. Berikut ini beberapa tips menyimpan ban serep dengan baik yang perlu diketahui pemilik mobil. 

Hindari Terkena Matahari secara Langsung

Ban serep perlu disimpan di tempat yang tertutup atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika terpapar cahaya matahari secara langsung dalam waktu lama, maka karet mobil akan menjadi getas. 

Kondisi ban yang getas akan membuat ban serep berpotensi lebih tinggi mengalami kerusakan. Karet ban getas juga mempengaruhi kenyamanan saat berkendara atau di perjalanan. Jadi Anda dapat menyimpan ban serep di garasi atau kolong mobil yang terlindung dari sinar matahari. 

Memperhatikan Tempat Kelembaban Ruangan

Perhatikan kelembaban ruang atau tempat penyimpanan ban serep mobil. Suhu udara yang lembab berpotensi merusak velg mobil dan juga karet ban. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kondisi ban akan memburuk dan tidak baik digunakan. 

Letakkan Ban dengan Posisi yang Benar

Saat menyimpan ban serep perhatikan juga posisi menaruh bannya. Apabila ban disimpan tanpa velg, maka sebaiknya letakkan secara vertikal dan berjajar. Hal ini bertujuan untuk menjaga ban tetap kokoh meskipun disimpan dalam waktu lama. Sementara ban yang sudah terpasang velg sebaiknya ditaruh secara ditumpuk. 

Demikianlah ulasan mengenai berapa tekanan angin ban serep untuk mobil. Pemilik mobil wajib mengisi ban serep dengan tekanan angin yang lebih tinggi dan selalu menjaga kondisinya agar siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.