Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan ban cadangan space saver pada mobil bisa dilakukan dalam kondisi darurat. Namun tak semua pemilik kendaraan mengetahui penggunaannya secara tepat. Salah satu yang harus dipertimbangkan adalah jarak aman menggunakan ban cadangan space saver. Artikel ini akan memberikan informasi untuk Anda terkait penggunaan ban cadangan space saver.

Jarak Aman Menggunakan Ban Cadangan Space Saver

Ban cadangan space saver adalah ban serep atau cadangan yang ukurannya lebih kecil dari versi standar namun dapat digunakan sebagai pengganti ban utama. Produsen sengaja memberikan ban space saver dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk menghemat tempat sehingga dapat diletakkan di tempat terbatas dalam mobil seperti bawah bagasi.

Ukuran ban cadangan space saver sendiri tidak memiliki patokan pasti. Di beberapa tipe mobil, ukuran velg ban space saver lebih lebar dari versi standar namun menggunakan lebar tapak ban karet yang jauh lebih tipis. Namun ada pula ban space saver yang ukuran velg-nya lebih kecil.

Namun di Indonesia, aturan terkait ban serep diatur di Peraturan pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 47 ayat 1 dan 2, dikatakan bahwa bentuk serta ukuran ban cadangan wajib sama dengan ukuran ban standar. Ukuran ban serep boleh lebih kecil dari ban standar asal diameter ban cadangan harus sama agar mobil tak pincang saat melaju di jalan.

Karena berstatus sebagai ban cadangan, tipe ban space saver tidak disarankan dipasang dan dipakai sebagaimana ban standar. Hal itu dikarenakan batasan yang ada pada ban space saver baik dalam ukuran maupun bahan karet yang dipakai. Yang jelas ban serep space saver hanya bisa dikenakan saat kondisi darurat.

Ban space saver tetap aman dipakai dalam kondisi darurat namun dalam beberapa ketentuan. Misalnya, penggunaan ban ini bisa dipakai dengan jarak tempuh maksimal 100 kilometer. Namun ada pula yang hanya merekomendasikan penggunaan ban serep space saver sejah 80 hingga 110 kilometer.

Batasan juga berlaku bagi kecepatan laju maksimal mobil yang menggunakan ban darurat space saver yakni maksimal 80 kilometer per jam.

Cara Menggunakan Ban Cadangan Space Saver

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ban cadangan space saver tidak memiliki ketahanan sebagaimana ban standar. Pengendara harus tahu bagaimana cara menggunakan mobil yang terpasang ban space saver yakni sebagai berikut.

  1. Dilarang melaju dengan kecepatan penuh

Penggunaan ban serep space saver pada mobil mampu mengganggu kontrol traksi dan Anti-lock Braking System (ABS). Keduanya penting untuk menjaga keamanan pengendara mobil terutama di medan jalan yang licin serta terhindar dari kecelakaan.

  1. Kurangi Beban

Disarankan untuk mengurangi beban pada sisi mobil yang menggunakan ban space saver. Anda bisa memindahkan barang bawaan seperti tas di sisi lain mobil. Jika memungkinkan, penumpang juga disarankan untuk pindah tempat duduk.

  1. Hanya Dipakai di Kondisi Darurat

Tidak diperkenankan menggunakan ban serep space saver dalam jangan waktu lama. Selain itu tidak disarankan pula melakukan penambalan pada ban space saver mengingat material karet yang dipakai pada ban jenis ini berbeda dengan karet ban standar.

Itulah informasi terkait jarak aman menggunakan ban cadangan space saver. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.