Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu komponen mobil yang perlu mendapat perhatian ekstra adalah bagian kaki-kaki. Hal ini karena setiap bagian pada kaki-kaki saling berkaitan. Kerusakan pada satu komponen dapat merembet ke komponen lainnya. Bila hal tersebut terjadi, biaya perbaikannya akan semakin membengkak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagian kaki-kaki mobil yang sering bermasalah.

Bagian Kaki-Kaki Mobil yang Sering Bermasalah

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 26 Oktober 2023, berikut bagian kaki-kaki mobil yang kerap bermasalah beserta ciri-cirinya:

  1. Tie rod

Tie rod adalah salah satu komponen mobil yang terletak antara steering gearbox dan knuckle roda. Bagian kaki-kaki mobil ini memiliki bentuk memanjang yang menghubungkan antara ujung steering rack dengan roda mobil bagian depan.

Bagian kaki-kaki mobil yang satu ini termasuk yang paling rawan mengalami kerusakan, terlebih bila Anda mengendarai mobil dengan kasar di jalan yang tidak rata.

Tanda tie rod mengalami kerusakan adalah ketika roda terasa seperti bergerak ke kiri dan kanan, serta mobil seperti melayang. Terutama ketika mobil pada kecepatan sedang.

Bila tie rod sudah rusak, ikatan ke roda tidak bisa kencang dan pergerakan roda cenderung terasa liar.

  1. Shockbreaker

Selain tie rod, shockbreaker juga termasuk bagian kaki-kaki mobil yang sering bermasalah. Kerusakan pada shockbreaker dapat membuat permukaan ban terkikis.

Cara mendeteksi kerusakan pada shocbreaker cukup mudah. Anda hanya perlu menekan-nekan dengan tepat di atas posisi shockbreaker pada sisi mobil depan atau belakang yang dicurigai bermasalah.

Bila mobil Anda berayun sekali setelah tangan dilepaskan, artinya shockbreaker masih bagus. Akan tetapi, jika berayun berkali-kali, hal tersebut menunjukkan ada kerusakan.

Untuk memastikannya, mobil bisa didongkrak lalu amati kondisi tabung shockbreaker. Pada shockbreaker yang menggunakan minyak, coba perhatikan apakah ada rembesan cairan yang keluar.

Cek juga bushing atau karet stopper. Bila usia shockbreaker sudah lama, karet-karet ini akan getas dan pecah.

  1. Ball joint

Kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil yang satu ini dapat dideteksi ketika mobil melewati jalan yang tidak rata atau berlubang. Bila roda tidak stabil, bergoyang-goyang, atau terdengar bunyi-bunyian seiring roda melibas jalan, itu menandakan ball joint sedang bermasalah.

Perlu diketahui, ball joint adalah komponen kaki-kaki mobil yang berfungsi sebagai sumbu roda di saat roda berbelok ke kiri atau ke kanan.

Kerusakan ball joint biasanya terjadi pada teflon atau plastiknya yang aus. Bila teflon sudah habis sama sekali, bunyi yang muncul akan bisa sangat keras karena logam pada komponen ini saling beradu.

  1. Bushing

Bushing adalah komponen yang letaknya berada di bagian kaki-kai mobil. Komponen ini bisa mengalami masalah bila telah habis masa pakainya.

Bushing yang kerjanya sudah tidak optimal akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa Anda rasakan ketika sedang berkendara.

Bila bushing mengalami kerusakan minor, biasanya akan terdengar suara yang mengganggu ketika berkendara. Bunyinya terdengar mirip seperti komponen yang kurang pelumasan. Akan tetapi, bila sudah parah, mobil jadi tidak stabil, terutama ketika menikung pada kecepatan sedang.

Kerusakan ini biasanya terjadi pada bushing stabilizer dan swing arm. Bushing stabilizer berfungsi menyeimbangkan suspensi kanan dan kiri sekaligus pengikat ke sasis. Sedangkan bushing swing arm sebagai peredam getaran dari mesin atau mobil ketika berjalan.

  1. Bearing

Bearing atau laher adalah salah satu komponen pada bagian kaki-kaki yang berfungsi untuk membuat gerakan mekanis.

Komponen yang jadi dudukan poros as roda ini biasanya mengalami masalah karena usia dan pemakaian.

Tanda bearing mengalami kerusakan adalah muncul bunyi seperti dengungan ketika mobil berjalan. Mulanya mungkin tidak terlalu disadari, baru ketika mobil melaju di jalanan yang agak sepi, akan terdengar dan biasanya akan semakin keras. Bunyinya mirip seperti logam yang tergerus.

Bearing yang rusak bisa mendatangkan berbagai risiko. Seperti ban meletus karena ada pemicu panas dari bearing yang terus bergesek, rem blong, roda terlepas, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang bagian kaki-kaki mobil yang sering bermasalah. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID