Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda bertanya mengapa tutup tangki mobil ada yang di kanan dan kiri? Mengapa tak dibuat seragam di salah satu sisinya?

Posisi tutup tangki mobil ternyata sengaja dibuat tidak seragam. Artinya ada alasan mengapa peletakan tutup tangki dibuat tidak seragam. Artikel ini akan memberikan informasinya untuk Anda.

Mengapa Tutup Tangki Mobil Ada yang di Kanan dan Kiri?

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini tidak ada aturan yang mengatur letak pintu tangki bahan bakar kendaraan, baik pada mobil maupun sepeda motor.

Di kendaraan mobil, pintu tangki sebagian ada di kanan dan sebagian ada di kiri. Sedangkan pada sepeda motor pintu tangki ada yang ditempatkan di bawah sadel atau jok, namun ada pula yang di depan, bahkan di tengah.

Pada dasarnya pabrik kendaraan diberi kebebasan dalam mengatur posisi tutup tangki bahan bakar. Peletakan tutup tangki kendaraan sendiri didasarkan pada desain dan rancang bangun kendaraan. Akan tetapi peletakan posisi tangki harus mempertimbangkan banyak hal.

Misalnya, pabrik kendaraan memiliki aturan penempatan tangki dan tutup tangki yang didasarkan pada keselamatan pengendara. Tangki biasanya diletakkan di bagian terluas dari mobil, jauh dari crumple zone atau area yang berfungsi sebagai peredam hantaman. Selain itu tutup tangki juga harus mudah diakses.

Selain itu peletakan tangki mobil mempertimbangkan center of gravity atau titik berat mobil. Artinya peletakkan tangki harus membuat mobil memiliki berat seimbang. Bahkan sumber lain mengatakan bahwa ongkos produksi juga jadi pertimbangan tersendiri dalam penentuan peletakkan tutup tangki mobil.

Namun perlu diketahui bahwa di era tahun 60 hingga 70-an, beberapa mobil memiliki tutup tangki BBM di belakang tertutup oleh plat nomor kendaraan. Hal itu dilakukan agar pengisian bahan bakar menjadi lebih mudah. Sayangnya posisi ini sangat tidak aman karena dikhawatirkan terjadi tabrakan dari belakang yang menyebabkan tangki bocor hingga memicu kebakaran mobil.

Peletakan tutup tangki juga harus mudah diakses sehingga tak ada kesulitan saat mengisi BBM. Tutup tangki kendaraan biasanya dibuat rata dengan body mobil dengan penutup. Saat mengisi BBM, pengendara tak perlu turun untuk membuka tutup tangki karena dapat dibuka dari dalam dengan menarik tuas yang tersedia.

Itulah informasi terkait mengapa tutup tangki mobil ada yang di kanan dan kiri. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.