Bagikan:

YOGYAKARTA - Oli full sintetik merupakan jenis oli umum yang beredar di pasaran. Jenis oli yang dihadirkan oleh Federal Mobil Lubricants ini kerap digunakan oleh pengguna kendaraan motor maupun mobil. Adanya beberapa kelebihan oli full sintetik menjadi alasan banyak orang mengandalkan oli ini sebagai pelumas kendaraannya. 

Oli merupakan komponen penting untuk menjaga dan menunjang kinerja kendaraan bermotor. Oleh karena itu pemilik kendaraan harus memilih oli yang tepat sesuai kebutuhan pemakaian kendaraan. Meski memiliki harga yang lebih mahal, oli full sintetik banyak dipilih karena menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan jenis oli lainnya. 

Kelebihan Oli Full Sintetik

Oli full sintetik dijual dengan harga mahal sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Diketahui bahwa jumlah zat aditif pada oli mesin full sintetik lebih banyak dibandingkan jenis oli lainnya. 

Jenis oli ini dinilai lebih awet penggunaannya dan mampu melindungi mesin lebih dingin. Berikut ini beberapa kelebihan oli full sintetik yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan.

Umur Pakai Lebih Lama

Salah satu kelebihan oli full sintetik adalah memiliki usia pakai yang lebih panjang atau lama daripada oli mineral. Jadi pengguna oli mesin ini tidak perlu terlalu sering mengganti olinya. Penggantian oli ini umumnya dilakukan setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali. Apabila memakai oli full sintetik dengan kualitas yang lebih bagus, maka penggantian bisa dilakukan setiap 10.000 km atau 1 tahun sekali.

Dengan masa pakai yang lama, maka pengguna bisa lebih menghemat biaya perawatan karena memang oli ini dijual dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu, oli full sintetik juga mampu membuat mesin jadi lebih efisien karena terdapat sifat anti aus yang baik. 

Komposisi Beragam

Kelebihan lain dari oli full sintetik adalah penggunaan komposisi yang beragam. Jenis oli ini memakai material senyawa kimia yang terbuat dari molekul minyak bumi asli yang dirancang kembali. 

Dengan material yang dirancang kembali, oli ini memiliki struktur molekul yang lebih beragam sehingga bisa memberikan pelumasan lebih merata pada mesin. Selain itu, oli ini juga mampu menghasilkan daya lebih dan meningkatkan efisiensi

Pengotoran Mesin Lebih Sedikit

Oli full sintetik mobil terbuat dari material aditif sintetik yang mengandung kotoran atau kontaminan yang lebih minim daripada oli mineral. Berbeda dengan oli material yang berasal dari aditif alam yang kaya dengan berbagai senyawa kimia, seperti nitrogen, belerang, fosfor, dan lainnya. 

Stabilitas Oksidasi

Keunggulan lain dari oli full sintetik mobil adalah memberikan pelumasan yang lebih stabil dan tahan lama karena mengandung material yang lebih murni. Hal ini berperan penting saat diterapkan pada mesin dalam suhu tinggi dan kondisi kerja ekstrim. 

Indeks Viskositas Lebih Tinggi

Oli full sintetik mobil juga memiliki indeks viskositas yang lebih tinggi sehingga lebih tahan terhadap perubahan suhu. Hal ini berperan penting mempengaruhi daya alir oli karena mempertahankan aliran yang tinggi pada suhu rendah dan tidak mengalami penipisan saat suhu tinggi. Oli ini membentuk film pelindung yang lebih tebal dan menyediakan perlindungan tinggi terhadap keausan. 

Efisiensi Energi yang Lebih Baik

Pemakaian oli full sintetik mobil juga memberikan efisiensi energi yang lebih dalam karena koefisiensi traksi yang lebih tinggi. Koefisien traksi yang tinggi ini menunjukkan mobil yang memakai oli full sintetik memerlukan sedikit tenaga dalam memindahkan beban berat. 

Demikianlah ulasan mengenai keunggulan atau kelebihan oli full sintetik yang perlu dipahami oleh pengguna kendaraan. Saat membeli dan memilih oli, pastikan Anda menggunakan oli yang sesuai kebutuhan kendaraan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.