5 Penyebab Pedal Kopling Tidak Mau Balik setelah Diinjak, Bisa Berbahaya saat Mobil Melaju
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pedal kopling macet menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik mobil transmisi manual. Kondisi ini terjadi ketika pedal kopling tidak kembali setelah diinjak dan membuat pengemudi bingung hingga panik. Lantas apa penyebab pedal kopling tidak mau balik saat mobil dikendarai?

Pedal kopling yang tidak bisa kembali dapat mengakibatkan masalah berbahaya bagi pengemudi. Kondisi ini akan membuat pengemudi tidak bisa memindahkan gigi, sulit mengendalikan mobil, kecepatan mobil jadi terbatas, hingga mobil macet mendadak di tengah jalan. 

Jika Anda mengalami masalah pedal kopling yang macet, maka harus segera ditangani agar tidak mengakibatkan kecelakaan. Ada beberapa penyebab pedal kopling tidak mau balik setelah diinjak. 

Penyebab Pedal Kopling Tidak Mau Balik

Saat pedal kopling tidak kembali ke posisi semula, pengemudi tidak bisa menambah gigi transmisi dn mempengaruhi kinerja mobil. Dalam kondisi ini mobil tidak bisa dikendarai dengan kecepatan tertentu bahkan bisa tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan. 

Untuk terhindar dari permasalahan dan bahaya ini, Anda perlu tahu penyebab pedal kopling tidak mau balik berikut ini:

Kampas Kopling Aus

Kampas kopling yang aus menjadi salah satu penyebab pedal tidak bisa kembali ke posisi semula. Apalagi ketika kampas kopling mengalami keausan yang berlebihan. Kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang telah dipakai dalam jangka waktu lama dan mobilitas yang tinggi. 

Kampas kopling memiliki usia pakai yang terbatas dan harus diganti ketika sudah mencapai masa pakainya. Saat kampasnya sudah aus, maka pemilik mobil bisa membawanya ke tempat servis atau teknisi otomotif untuk menggantinya dengan yang baru. 

Kabel Kopling Kering

Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan pedal kopling macet adalah karena kabel kopling kering. Kabel yang kering akan membuat pedal kopling jadi sulit digerakan dan kurang lancar. Hal ini terjadi karena gesekan berlebih antara kabel dengan tempatnya bergerak. 

Kopling Tidak Normal

Kopling yang tidak normal juga dapat mengakibatkan pedal kopling macet dan tidak bisa kembali posisi semula. Misalnya ketika pedal terasa berat atau terlalu lunak saat diinjak. Beberapa orang menganggap kopling yang empuk dan ringan terasa nyaman. Namun kondisi ini justru jadi salah satu tanda bahwa komponen transmisi sedang bermasalah. 

Pilot Bearing dan Release Bearing Tidak Berfungsi Normal

Penyebab lainnya dari masalah pedal kopling macet adalah karena pilot bearing yang tidak berfungsi maksimal. Release bearing berperan untuk mengurangi tekanan pada kampas kopling. Sementara pilot bearing berfungsi untuk memastikan poros transmisi dapat bergerak secara lancar. 

Apabila kedua komponen tersebut tidak berfungsi dengan normal  maka pedal kopling akan sulit balik ke posisi semula. Sebab komponen-komponen tersebut tidak mampu meneruskan gaya dorong yang diterima dari cylinder ke pegas. 

Kerap Menginjak Kopling secara Kasar

Kebiasaan menginjak kopling secara kasar juga juga dapat menyebabkan kopling macet. Kondisi ini terjadi karena kesalahan dalam pengoperasian, terutama saat pergantian gigi atau mobil terjebak macet. 

Ketika menginjak kopling secara kasar, terjadi peningkatan drastis pada tekanan kopling dan transmisi mobil. Jika dibiarkan secara menerus, tingginya tekanan ini juga bisa mengakibatkan ausnya komponen transmisi mobil seperti pada pilot bearing, kampas kopling, release bearing, dan rangkaian gigi. Selain itu, kopling juga mengalami overheating dan menurunkan kinerjanya. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab pedal kopling tidak mau balik ke posisi semula setelah diinjak. Untuk terhindar dari permasalahan tersebut, sebaiknya hindari beberapa masalah di atas dengan servis berkala dan menggunakan kopling dengan baik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.