Soal Kemungkinan Dihadirkannya Brand N di Indonesia, Ini Tanggapan Hyundai
Hyundai Ioniq 5 N. (Dok. Hyundai Motor Group)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa pabrikan otomotif memiliki divis berperforma tinggi demi mengembangkan mobil yang diproduksi oleh perusahaan induk. Kehadiran divisi high-performance agar pelanggan mendapatkan pengalaman berkendara berbeda dari varian model standar.

Pabrikan mobil yang memiliki divisi performa tinggi seperti Toyota dengan Gazoo Racing (GR), Mercedes-Benz dengan AMG, BMW bersama M Performance, dan Hyundai dengan N Brand.

Dari banyaknya divisi performa tinggi yang disebutkan, hanya N yang belum memiliki kesempatan menjual mobilnya di Indonesia. Meskipun demikian, peluang akan dijualnya beberapa produk N di tanah air cukup terbuka.

Kepala Departemen Pemasaran PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Astrid Ariani Wijana, mengatakan bahwa pihaknya menyadari bahwa merek N telah cukup dikenal di Indonesia, walaupun belum ada kesempatan untuk menjual produk-produk dari N di Tanah Air.

"Untuk saat ini memang Indonesia, belum ada N Brand. Kami sadar bahwa awareness N Brand di Indonesia cukup dikenal. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan, bisa dihadirkan di Indonesia," ucap Astrid disela-sela acara dengan media di SCBD, Jakarta, Senin, 17 Juli.

Astrid mengatakan, bahwa untuk saat ini PT HMID berfokus pada masukan dari konsumen dengan menyediakan kendaraan yang mumpuni dengan harga yang bisa bersaing di kelasnya.

"Sejauh ini, kami hanya menyediakan mobil dengan harga yang kompetitif di segmennya berdasarkan feedback dari konsumen," kata Astrid.

Baru-baru ini juga, Hyundai telah merilis Ioniq 5 N sebagai mobil listrik dengan performa tinggi untuk pasar global. Mengingat bahwa Ioniq 5 merupakan mobil listrik favorit konsumen Tanah Air, PT HMID memberikan tanggapannya soal kemungkinan varian buas tersebut masuk ke Indonesia.

"Belum, ditampung dulu usulannya ya. Nanti kalau ada Ioniq 5 N atau produk N lainnya yang hadir di Indonesia, akan kita kabarkan," ujar Astrid.

Diperkenalkan sejak 2016, Hyundai N merupakan divisi performa tinggi dari pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, dalam menyediakan serta mengembangkan beberapa kendaraan milik pabrikan dan meningkatkan performanya.

Beberapa model produksi yang dihadirkan di bawah nama N ialah Veloster N, i20 N, i30 N, Elantra N, Kona N, dan yang terbaru Ioniq 5 N.

Selain model produksi, Hyundai N juga menghadirkan beberapa versi konsep seperti RN22e, RM16, RN30, iMax N, dan N Vision 74 yang merupakan mobil bertenaga hidrogen.