Penting, Inilah yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik dengan Mobil Listrik!
Lokasi fasilitas charging station penting diketahui pemudik dengan mobil listrik. (Dok. Hyudai)

Bagikan:

JAKARTA - Diperlukan kesiapan yang matang sebelum melakukan mudik. Terlebih lagi, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan listrik.

Di antara banyaknya persiapan mudik, pertama-tama adalah pentingnya dilakukan pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan panjang menuju tujuan.

Menurut Suprayetno, selaku Head of Service Planning & Strategy Hyundai Motors Indonesia, pengecekan perlu dilakukan agar kendaraan bisa berjalan lebih optimal dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Hal ini tidak hanya harus dilakukan pada kendaraan listrik saja, namun juga berbahan bakar konvensional.

"Pengecekan penting dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik sehingga kendaraan dalam kondisi prima dan siap untuk mengarungi perjalanan jauh," ujar Suprayetno saat dihubungi oleh VOI, Selasa, 11 April 2023.

Untuk kendaraan listrik, diperlukan juga pengecekan pada bagian yang sangat penting, seperti memeriksa kapasitas baterai. Hal ini berguna untuk memperkirakan jarak tempuh pada kendaraan listrik tergantung dari kapasitas baterai.

Hal lain yang perlu dilakukan ialah, masyarakat harus mengetahui lokasi charging station selama perjalanan mudik. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang melakukan perjalanan dapat merasa aman bila mobil listriknya mengalami low-battery.

"Pengemudi kendaraan listrik juga sebaiknya mengetahui lokasi charging station yang akan dilalui sepanjang rute perjalanan ke tempat tujuan," tambah Suprayetno.

Untuk memastikan perjalanan mudik pelanggan berjalan aman, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjalankan program mudik dengan menyediakan layanan-layanan yang membuat nyaman konsumen.

Hyundai telah menyediakan fasilitas charging station di beberapa titik di wilayah Indonesia. Untuk pulau Jawa, telah tersedia di kota Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

Dihadirkan juga charging station untuk luar wilayah pulau Jawa, seperti pulau Sumatera yang meliputi Padang, Serang, Lampung, Jambi, Medan, hingga Aceh.

Untuk informasi lebih lanjut, para pengguna mobil listrik Hyundai bisa langsung mengecek situs resmi HMID atau melalui aplikasi MyHyundai.