Demi Shin Tae-yong, PSSI Sowan ke Kedutaan Besar Korsel untuk Indonesia
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Jeon Joyoung (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tampaknya bakal mewujudkan keinginan Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang ingin menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Korsel  untuk Indonesia, Jeon Joyoung, guna membahas kemungkinan TC di Negeri Gingseng.

Pertemuan ini dilakukan demi memuluskan langkah jika nantinya timnas Indonesia harus berangkat ke Korsel. Tentunya, dengan bantuan dari Kedutaan Besar Korsel di Indonesia akan mempermudah urusan dalam hal administrasi.

"Saya berharap dengan pertemuan antara PSSI dan Kedutaan Korsel di Jakarta bisa membuat timnas tidak akan kesulitan jika harus terbang ke sana," ujar Iriawan.

Dalam pertemuan itu, Joyoung memberikan dukungan agar timnas Indonesia menggelar latihan di Korea. Pihaknya berjanji akan membantu penuh semua kegiatan pemusatan latihan tim nasional Indonesia mulai dari keberangkatan hingga nanti berada di Korea Selatan. Bahkan, kedutaan besar Korsel siap membantu jika skuat Garuda ingin berujicoba dengan klub di sana. 

"Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di negara kami," ujarnya.

Meski begitu, Joyoung berharap latihan dan uji coba timnas Indonesia di Korsel tidak perlu dipaksakan. Dia meminta PSSI untuk berkoordinasi kembali dengan Shin Tae-yong mengenai kondisi di Korsel. Seperti diketahui, pandemi COVID-19 masih melanda, termasuk di Negeri Gingseng.

"Saya juga akan memantau kondisi di Korsel agar dukungan terus terjaga bagi timnas Indonesia,'' tutur Joyoung.

Sementara itu, PSSI tak perlu khawatir mengenai biaya TC selama di Korsel. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), siap menanggungnya. Tentunya, PSSI harus memenuhi persyaratan yang diminta Kemenpora mengingat yang digunakan adalah uang negara.

"(Timnas Indonesia) Mau dibawa latihan kemana saja, silahkan. Kami akan memfasilitasi," kata Menpora Zainudin Amali.

TC timnas Indonesia sendiri akan dimulai pada 23 Juli di Jakarta. Pelatih Shin Tae-yong dijadwalkan memimpin langsung proses latihan. Eks pelatih timnas Korea Selatan itu akan tiba di Indonesia pada Rabu, 22 Juli malam.