Len Bias: Lebih Hebat dari Michael Jordan tapi Dikalahkan Kokain
Les Bias (Instagram @lenbias30)

Bagikan:

JAKARTA - Sesungguhnya, sulit untuk membayangkan seseorang yang lebih hebat dari Michael Jordan pada saat yang sama dengan kariernya. Tetapi itu bisa saja terjadi dengan Len Bias.

Bias adalah pilihan nomor dua untuk Boston Celtics dalam draf 1986. Tetapi tidak pernah membuat debut NBA-nya karena ia meninggal karena overdosis kokain.

"Saya tahu pasti kita akan membicarakan dia (Bias) sebagai yang terhebat sepanjang masa, atau Jordan akan berada di level yang bahkan berbeda," kata Walt Williams baru-baru ini kepada Basketball Network.

"Saya pikir orang-orang itu pasti akan mendorong satu sama lain secara maksimal. Hal tentang Len Bias, ketika Anda membandingkannya dengan Michael Jordan, saya pikir dia sedikit di depan Michael ketika mereka masih kuliah dengan keahliannya."

"Tembakan lompatan yang dimiliki Bias adalah hal tercantik yang pernah Anda lihat.

“Dia bisa bertahan di banyak posisi. Dia semacam campuran dari bagaimana Anda melihat permainan yang dimainkan sekarang. Dan itulah tragedi tidak melihat Len Bias.

"Saya pikir permainan akan condong ke tempat yang jauh lebih cepat."

Pada 19 Juni 1986, hanya dua hari setelah wajib militer, Bias mendorong kebebasannya hingga batas sebelum bergabung dengan Celtics, tetapi konsumsi kokainnya terlalu berlebihan.

Beberapa menit kemudian, dia pingsan dengan detak jantung yang luar biasa, dan potensi karier NBA-nya lenyap.

Insiden itu merenggut nyawanya. Paramedis gagal menyelamatkan Bias dan memastikan dia meninggal pada pukul 08:55.