Bonucci Ungkap Pengaruh Buruk Ronaldo di Juventus
Leonardo Bonucci (Twitter @bonucci_leo19)

Bagikan:

JAKARAT - Cristiano Ronaldo meraih banyak hal di Juventus. Dia memenangkan gelar Serie A dua kali, Coppa Italia dan Supercoppa Italiana juga. Dalam 134 pertandingan untuk klub, ia mencetak 101 kali.

Tapi, kapten Portugal meninggalkan Turin musim panas lalu. Dia memaksa dilepas klub di hari-hari terakhir bursa transfer.

Kini, bek Leonardo Bonucci menjelaskan sejumlah dampak negatif keberadaan Ronaldo selama waktunya di Juventus.

“Inilah masalahnya, gagasan bahwa satu pemain, bahkan yang terbaik di dunia, dapat menjamin kemenangan Juventus,” kata Bonucci kepada The Athletic.

“Kehadiran Ronaldo memiliki pengaruh besar pada kami. Hanya dengan berlatih dengannya memberi kami sesuatu yang ekstra, tetapi secara tidak sadar para pemain mulai berpikir bahwa kehadirannya saja sudah cukup untuk memenangkan pertandingan.

"Kami mengalami kegagalan dalam tugas sehari-hari kami, pengorbanan, keinginan untuk berada di sana untuk rekan tim Anda hari demi hari. Selama beberapa tahun terakhir, saya pikir Anda bisa melihatnya."

Meskipun Ronaldo tidak diragukan lagi memainkan perannya di Juventus, Bonucci percaya bahwa dia membutuhkan rekan satu timnya sebanyak mereka membutuhkannya untuk sukses.

“Musim lalu, kami finis keempat dan memenangkan Coppa Italia karena kami menjadi tim lagi,” jelas Bonucci.

"Jika Anda melempar sepotong kayu ke ruang ganti sebelum pertandingan itu, itu akan terbakar seperti listrik yang mengalir melaluinya.

“Kami melewatkan itu. Mungkin dianggap biasa bahwa jika kami memberikan bola kepada Ronaldo maka dia akan memenangkan pertandingan untuk kami.

"Tapi Ronaldo membutuhkan tim sebanyak kami membutuhkannya. Harus ada pertukaran karena timlah yang mengangkat individu bahkan jika individu itu adalah pemain terbaik di planet ini."