Ada Usulan Perubahan Radikal Format Bundesliga untuk Hentikan Dominasi Bayern Munich
Bayern Munich (Twitter @FCBayernEN)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa tim telah berupaya keras untuk mengakhiri dominasi Bayern Munich di Bundesliga. Namun, tidak ada tim yang berhasil bersaing secara efektif untuk memperebutkan gelar sejak musim 2012/13.

Mundur ke bulan Mei, Bavarians memenangkan gelar Bundesliga kesembilan berturut-turut mereka. Dan setiap tahun tampaknya tim yang berbasis di Munich ini tidak dapat dihentikan di liga domestik. Tim-tim seperti Borussia Dortmund, RB Leipzig dan Bayer Leverkusen kalah dalam beberapa pertandingan terakhir selama bertahun-tahun.

Ada beberapa saran dari para tokoh sepak bola Jerman tentang perubahan format demi membuat Bundesliga lebih menarik dan kompetitif. Salah satunya, dari mantan CEO Bayer Leverkusen dan presiden Bundesliga Wolfgang Holzhauser.

Mereka mengusulkan perubahan format untuk membuat papan atas Jerman lebih menarik bagi penggemar.

Ide radikal Holzhauser

Pria berusia 71 tahun itu menyarankan bahwa musim reguler Bundesliga harus tetap seperti itu dan ketika musim berakhir, empat tim teratas harus berpartisipasi dalam playoff untuk menentukan juara.

“Empat tim teratas akan bermain di semifinal melawan satu sama lain setelah musim reguler Bundesliga (berakhir),” kata Holzhauser kepada Spox.

“Pemimpin klasemen (akan bermain) melawan (tim) peringkat keempat dan peringkat kedua melawan peringkat ketiga. Pemenang akan bermain di final dan mereka yang kalah (akan memainkan) pertandingan untuk tempat ketiga dan keempat.

"Format ini akan menarik bagi para penggemar. Tidak mungkin di benak para penggemar bahwa semuanya ditentukan pada bulan Oktober. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah ini secara finansial, tetapi Anda dapat melakukannya dengan cara yang sportif. Tetap saja, ini juga akan memiliki keuntungan finansial."

Bagaimana dengan tim-tim besar Bundesliga?

Holzhauser mengakui bahwa klub elite Bundesliga seperti Bayern Munich mungkin tidak setuju dengan idenya, tetapi dia percaya bahwa perubahan format akan bermanfaat bagi semua klub baik secara finansial maupun olahraga.

"(Tim-tim besar Bundesliga) tidak akan setuju, tetapi Anda selalu bisa berdebat," kata Holzhauser.

“Ini bukan tentang mengambil apa pun dari Bayern misalnya. Anda harus menghasilkan pendapatan baru dan mendistribusikannya kembali. Metode pembayaran yang menurun juga akan bagus, sehingga tim yang berada di posisi terbawah mendapat lebih banyak dan posisi kelima, lebih sedikit.

"Sepak bola dan pendukungnya umumnya konservatif dan kurang terbuka terhadap hal-hal baru. Tentu akan ada tahun di mana Bayern lemah atau bernasib buruk dengan cedera. Semoga tim lain bisa mengambil manfaat darinya, seperti Dortmund tahun ini."