Bagikan:

JAKARTA - Legenda Real Madrid dan tim nasional Portugal, Luis Figo akhir-akhir ini sangat kritis terhadap penanganan pemerintah Spanyol terhadap krisis COVID-19. Ia kembali muncul di media sosial untuk mengkritik perdana menteri Pedro Sanchez.

Saat ini, Sanchez sedang mempertimbangkan untuk menaikkan pajak dan mantan pemain sayap Real Madrid itu menyatakan ketidaksetujuannya. 

"De-eskalasi dimulai," tulisnya setelah menguraikan rencana-rencana Sanchez.

"Strategi yang paling dapat diprediksi sama dengan lebih banyak pengangguran dan lebih banyak kemiskinan."

Seminggu sebelumnya, Figo juga memperingatkan tentang krisis sulit yang akan datang sebagai akibat wabah COVID-19.

"Mereka akan mengatakan bahwa ini adalah alarmisme ekstrem," tulisnya di Twitter.

"Tahun-tahun yang sulit akan datang." 

Pada pertengahan Juni, mantan kapten timnas Portugal ini mengolok-olok proposal Unidas Podemos untuk memberikan medali kepada Fernando Simon, direktur Pusat Koordinasi Peringatan Kesehatan dan Keadaan Darurat Kementerian Kesehatan. 

"Seberapa cepat mereka mendapatkan medali," katanya. 

Pada 19 Mei, dia kembali ke media sosial untuk mengkritik survei yang melaporkan bahwa popularitas Partai Buruh Sosialis Spanyol (PSOE) meningkat setelah krisis COVID-19 menghajar. 

"Menarik," tulisnya, menambahkan, "Saya akan bertanya kepada mereka siapa yang akan memenangkan Liga Champions tahun ini." 

Pada akhir bulan yang sama, Figo mengkritik pemerintah setelah membaca berita bahwa Fernando Santafe menjadi anggota ketiga Pengawal Sipil Spanyol yang meninggalkan jabatannya setelah terlibat skandal. 

"Sekarang ada tiga (orang)," tulisnya. "Gangguan? Pembaruan? Minat Politik? Kontroversi telah terlayani." 

Sebelumnya dia menyatakan kemarahannya atas keputusan Kementerian Kesehatan untuk menunda Madrid memasuki Tahap 1 dari rencana de-eskalasi negara tersebut.