Kompetisi Liga 1 Mau Mulai Lagi, Klub Kebut Persiapan
Kompetisi Liga 1 akan dimulai lagi pada September atau Oktober mendatang (Foto: Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memastikan kompetisi Liga 1 akan dilanjutkan pada September atau Oktober. Bahkan, Ketua PSSI sudah mengumumkan hal itu secara resmi lewat Surat Keputusan Bernomor SKEP/53/VI/2020 memastikan kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa pada tahun 2020.

Keputusan ini jelas disambut hangat oleh klub. Mereka segera melakukan tindakan persiapan jelang bergulirnya lanjutan kompetisi. Baik itu persiapan teknis maupun non teknis. Pasalnya, kompetisi akan dilanjutkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satunya Persija Jakarta. Manajamen klub Ibu Kota itu akan berkoordinasi dengan tim pelatih, ofisial dan pemain terkait hal ini. Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus menyatakan, Macan Kemayoran segera menggelar latihan bersama dan kebutuhan tim lainnya.

"Langkah pertama yang kami jalankan tentu persiapan latihan tim sesuai protokoler kesehatan dan ada inovasi baru menyesuaikan dengan adanya pandemi ini,"

Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus
 

"Selanjutnya kami akan mulai membahas beberapa kebutuhan tim seperti pertandingan ujicoba dan pemusatan latihan. Kami yakin Persija akan kembali memulai kompetisi tetap dalam tren positif," tambahnya.

Sementara itu, Persib Bandung akan menggelar latihan bersama mulai 6 Juni mendatang. Keputusan ini diambil setelah dilakukan  pertemuan antara manajemen Maung Bandung dengan jajaran tim pelatih dalam menyongsong berlanjutnya kompetisi Liga 1 2020. Dalam pertemuan itu, turut dibahas apa yang jadi kebutuhan tim untuk memulai kembali program latihan.

"Karena dalam situasi saat ini, kesehatan adalah yang utama," kata pelatih asal Belanda itu.

Menjelang pelaksanaan latihan bersama, manajemen Persib akan melakukan tes kesehatan untuk seluruh pemain, pelatih dan ofisial. Hal itu dilakukan demi memastikan seluruh anggota skuat Maung Bandung dalam kondisi sehat dan negatif COVID-19. 

"Semua pemain yang sudah berada di Bandung saat ini akan dites dengan PCR swab test. Pemain yang berada di luar kota Bandung akan kembali dalam minggu ini, mereka juga akan dites. Sedangkan beberapa pemain yang berada di luar negeri, seperti Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Omid Nazari masih harus memastikan kapan mereka bisa ke sini," tuturnya.

Persela Lamongan tak mau ketinggalan. Pelatih Persela, Nil Maizar mengaku akan menggelar persiapan tim dalam waktu dekat. Pemain Persela bakal menggelar latihan paling lambat bulan Agustus mendatang .

Dia berharap tim dalam kondisi siap tempur menghadapi lanjutan kompetisi. Hal ini, lanjutnya, sudah didiskusikan dengan manajemen.

"Sudah saya sampaikan beberapa program, intinya manajemen oke. Namun, kami tunggu regulasi dari PSSI seperti apa. Baik aturan Liga maupun regulasi lainnya tentang pemain muda," ujar eks pelatih Semen Padang itu.