Arjen Robben Kembali ke Groningen, Klub Profesional Pertamanya
Arjen Robben. (Foto: Twitter @fcgroningen)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar cukup mengejutkan datang dari Winger asal Belanda, Arjen Robben. Ia sempat memutuskan pensiun pada akhir musim 2018/29, namun kini dia menandatangani kontrak dengan klub profesional pertamanya, FC Groningen.

Robben ternyata masih ingin kembali ke lapangan hijau. Di usianya yang sudah 36 tahun, mungkin saja Groningen adalah tempat dia akan benar-benar pensiun.

Mantan pemain Bayern Munchen ini sejatinya sudah mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019. Kala itu, Die Roten menjadi pelabuhan terakhir pemain berkaki kidal mematikan ini.

Sebelum memutuskan pensiun saat itu, Robben berhasil membantu Bayern Munchen mendapatkan gelar Bundesliga Jerman dan DFB-Pokal pada musim 2018/19. Dan ia memutuskan pensiun tepat setelah kontraknya di Allianz Arena berakhir.

Setelah hampir setahun meninggalkan dunia yang membesarkan namanya, kini ia memutuskan untuk kembali bermain sepak bola. Kabar kembalinya mantan pemain Chelsea ini ke Groningen disampaikan lewat laman resmi klub.

Robben menjelaskan bahwa dia memutuskan kembali bermain sepak bola karena dia ingin membantu Groningen meraih hasil terbaik di musim depan. Dia pun merasa senang bisa kembali ke Groningen, klub yang dibelanya sejak usia 12 tahun.

"Setelah menjalani petualangan yang luar biasa selama 18 tahun, saya pun pulang! Kembali ke Groningen," ungkap Robben.

Robben adalah salah satu pemain sayap terbaik yang pernah dimiliki Belanda bahkan dunia. Robben dikenal memiliki kecepatan tinggi saat menggiring bola, dan punya kemampuan mencetak gol melalui gerakan cut inside yang menjadi ciri khasnya.

Robben mengawali debut profesionalnya bersama Groningen pada 2000 saat usianya ,asih 16 tahun. Ia menghabiskan dua musim di sana sebelum bergabung dengan PSV Eindhoven, di mana ia memenangkan gelar Eredivisie pada musim 2002/03.

Chelsea pun melirik Robben dan mendatangkannya pada tahun 2004. Setelah hijrah ke Real Madrid tiga tahun berselang, Robben baru merasakan kesuksesan saat membela Bayern Munchen pada periode 2009 hingga 2019.

Yang paling berkesan adalah kala Robben mencetak gol kemenangan di final Liga Champions Eropa 2013. Saat itu Bayern mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 di Wembley Stadium untuk meraih treble winners bersejarah klub.

Di level Tim Nasional, Robben memiliki 96 caps untuk Belanda dan mencetak 37 gol. Ia juga menjadi bagian dari generasi emas Belanda yang kalah di final Piala Dunia 2010 dari Spanyol di Afrika Selatan.