Jangan Harap Bisa Lihat Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra di Home Tournament
Ganda putra andalan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar Home Tournament yang digelar hari ini, Rabu 24 Juni. Turnamen ini dimulai dengan mempertandingkan sektor ganda putra lebih dulu.

Ada enam pasangan yang bakal turun. Namun, jangan harap bisa melihat pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atau Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Pasalnya, PBSI memutuskan untuk memisahkan mereka. Kevin tak berpasangan dengan Marcus, melainkan dengan pemain junior Mohammad Reza Pahlevi Isfahan. Sementara Marcus ditandemkan dengan Muhammad Shohibul Fikri.

Sedangkan Hendra akan berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana. Ahsan pun diduetkan dengan Leo Rolly Carnado.

Kepala Bidang Pembindaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti mengatakan, keputusan diambil berdasarkan pertimbangan pelatih. Alasannya untuk menambah pengalaman pemain muda. 

Selain itu, tentunya agar pertandingan menjadi lebih seru jika kekuatan tiga ganda putra utama dipisah. Hal ini diakui pemain senior PBSI, Hendra Setiawan.

"Kalau pasangannya enggak dipecah, kekuatannya kurang merata. Ini bagus untuk pemain muda, mereka dapat pengalaman main sama yang senior," kata Hendra.

Menurut Hendra, banyak manfaat dari pemisahan ini. Dia merasa para pemain senior bisa belajar bagaimana membimbing pemain yang lebih muda. 

Hendra kemudian menyambut hangat turnamen yang digelar PBSI ini. Menurutnya, para pemain bisa kembali merasakan atmosfer bertanding. Maklum, mereka terakhir bertanding di ajang All England 2020 Maret lalu.

Sudah lama kami nggak tanding, pasti hawa bertandingnya mulai hilang. Selain itu, turnamen internal ini bisa menghilangkan rasa jenuh juga," tutur Hendra.