Atlet Sudah Haus Bertanding, PBSI Gelar Home Tournament
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 membuat Federasi Bulutangkis Dunia membatalkan sejumlah turnamen. Hal ini membuat para atlet hanya disibukkan dengan rutinitas latihan.

Sekretaris Jenderal Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Achmad Budiharto mengatakan, atlet sudah menjalani latihan cukup panjang. Mulai dari latihan untuk kondisi fisik hingga menjaga feel bermain.

Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk, lanjut Budiharto, sudah melakukan latihan intensif mulai awal Juni untuk melakukan pengondisian persiapan menuju turnamen. Sayangnya, belum ada kepastian soal jadwal pertandingan mengingat pandemi COVID-19 masih melanda.

"Sedangkan para pelatih melihat anak-anak sudah haus bertanding," ujar Budiharto.

Untuk itu, PBSI berinisiatif memberikan wadah kompetisi untuk para atlet. Kebetulan, tutur Budiharto, Mola TV bersedia menjadi sponsor home turnament yang bakal digelar PBSI.

"Inspirasi awalnya dari tim ganda putra, lalu sektor lain pun berkeinginan timnya untuk bertanding di Home Tournament. Jadi kami buat Home Tournament untuk semua sektor," jelasnya.

Sekjen PBSI ini menegaskan, turnamen akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dia juga memastikan, kejuaraan ini akan berlangsung tanpa penonton.

"Protokol pencegahan COVID-19 akan tetap berjalan," tutur Budiharto.

PBSI Home Tournemant akan dimulai pada 24 Juni dan berakhir 26 Juni. Setiap minggunya akan dipertandingkan satu sektor yang digelar pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. 

Turnamen akan diawali dengan mempertandingkan sektor ganda putra. Mereka akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta

Sebanyak enam pasang akan bertarung dengan format setengah kompetisi. Menariknya, PBSI sengaja memadukan pemain senior dan junior di tiap pasangnya. 

Berikut daftar enam pasang ganda putra yang akan bertanding di PBSI Home Tournament:

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahan

2. Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri

3. Mohammad Ahsan/Leo Rolly Carnando

4. Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana

5. Muhammad Rian Ardianto/Daniel Marthin

6. Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan