Tunggu Hasil Banding Iannone, Aprilia Tunjuk Bradley Smith untuk 2 Seri Pembuka MotoGP
Bradley Smith (Twitter @bradleysmith38)

Bagikan:

JAKARTA - Dua seri pembuka MotoGP akan dimulai pada Juli nanti, semua tim sedang mempersiapkan diri termasuk Aprilia. Kini, mereka sudah punya pengganti Andrea Iannone yang terkena hukuman 18 bulan akibat gagal tes doping.

Pebalap penguji (test rider) Aprilia Bradley Smith mendapat restu dari tim pabrikan asal Italia itu untuk menggantikan Iannone. Smith bakal turun dalam dua seri awal yang digelar di Sirkuit Jerez, 19 dan 26 Juli, sambil menunggu hasil banding terhadap kasus doping Iannone.

Melansir laman resmi MotoGP, Rabu, 24 Juni, Smith pada Selasa berada di Sirkuit Misano bersama Aleix Espargaro. Mereka menjalani tes privat bersama sejumlah tim lainnya selama tiga hari ke depan.

Kedua pebalap melanjutkan tren positif dari hasil tes pramusim di Qatar dengan motor RS-GP tahun ini. Aprilia menjadi tim ketiga bagi Smith di kelas MotoGP, setelah sang pebalap asal Inggris itu menjalani sejumlah musim sebagai pebalap utama Tech 3 Yamaha dan KTM Factory Racing.

Sedangkan Espargaro bisa lebih fokus balapan tahun ini setelah ia mendapat perpanjangan kontraknya dengan Aprilia hingga 2022.

Diketahui sebelumnya, hasil tes urine yang dilakukan Iannone dalam rangkaian GP Malaysia pada 3 November 2019 didapati zat terlarang yakni steroid Drostanolone.

Hukuman Iannone berlaku hingga 16 Juni 2021. Ini artinya, jika bandingnya tidak dikabulkan, ia akan tetap menjalani hukuman meski kontraknya di Aprilia habis pada akhir musim balap 2020.