Meski Kalah di Penyisihan, Melani-Mutiara Masih Berpeluang ke Semifinal Olahraga Dayung Olimpiade Tokyo
Pedayung putri Indonesia Mutiara Rahma Putri-Melani Putri berlatih di Sea Forest Waterway, Tokyo, Jepang (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan atlet dayung putri, Melani Putri dan Mutiara Rahma Putri meraih peringkat keenam pada babak penyisihan nomor Lightweight Double Sculls (LWX2) cabang olahraga dayung Olimpiade 2020 Tokyo. Mereka gagal di babak penyisihan.

Meski demikian, pelatih Timnas Dayung Indonesia, Muhammad Hadris memandang Melani dan Mutiara masih berpeluang untuk melaju ke semifinal melalui babak ulangan khusus atlet yang mengalami kalah di putaran pertama pada Minggu besok.

"Masih ada peluang Melani/Mutiara melaju ke semifinal A atau B. Syaratnya, mereka harus masuk tiga besar pada babak ulangan," kata Hadris dalam keterangannya, Sabtu, 24 Juli.

Diketahui, pada babak penyisihan yang digelar di Sea Forest Water Way Tokyo, Jepang, hari ini, Melani/Mutiara mencatat waktu 7 menit 52,57 detik. Catatan waktu yang dicatat mereka di bawah waktu terbaiknya 7 menit 35,71 detik yang pernah dibuat di tempat yang sama.

"Ya, mereka tidak bisa mencapai waktu terbaiknya karena angin terlalu kencang dari kiri yang mengakibatkan laju perahu tidak maksimal. Mudah-mudahan kondisi angin bisa lebih baik dan mereka bisa mencatat waktu maksimal," ungkap dia.

Melanjutkan, Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman menyebut laga yang dihadapi Melani-Mutiara dalam Olimpiade Tokyo setidaknya bisa menambah pengalaman mereka. Sebab, mereka baru pertama tampil menghadapi pedayung kelas dunia.

"Mereka itu baru pertama tampil di Olimpiade dan lawan-lawan yang dihadapinya juga pedayung kelas dunia. Cukup berat peluangnya meraih medali. Jadi, Olimpiade 2020 Tokyo ini sebagai ajang mendapatkan pengalaman berharga," tutur Budiman.

Usai Olimpiade ini, kata Budiman, Melani-Mutiara akan dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2021 Vietnam yang pelaksanaanya ditunda pada tahun 2022 dan Asian Games 2022 China.

"Sekembalinya dari Tokyo, mereka akan kembali menjalani program latihan untuk SEA Games 2021 Vietnam dan Asian Games 2022 China. Dan, kita berharap mereka bisa meraih medali," pungkasnya.