Amazon Angkat Skandal FIFA dalam Serial Terbaru, <i>El Presidente</i>
El Presidente (Sumber: IMDB)

Bagikan:

JAKARTA - El Presidente, serial terbaru Amazon Prime Video mengangkat skandal dalam Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Serial ini menampilkan pandangan satire soal sepak bola Amerika Selatan yang kotor.

Serial ini akan menampilkan sepak bola Amerika Selatan melalui mata Julio Grondona, mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA). Grondona telah meninggal pada 2014.

Ia adalah sosok yang amat besar dalam sepak bola Argentina. Lelaki yang memiliki julukan "ayah baptis" memimpin asosiasi lebih dari tiga dekade.

“Saya merasa sangat menarik untuk membayangkan Don Julio menceritakan kisah itu dari sisi lain ... Dia menceritakannya dengan santai setelah menjalaninya dan tidak ada beban baginya,” Armando Bo, sutradara sekaligus produser eksekutif proyek ini kepada Reuters.

"Ini adalah salah satu kasus di mana kebenaran lebih aneh daripada fiksi. Jadi, saya agak dipaksa untuk membuatnya komedi, sindiran," kata Bo.

Serial ini juga akan mengangkat kebangkitan dan kejatuhan Sergio Jadue yang diangkat menjadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Chili pada tahun 2011. Di bawah kepemimpinannya, Chili memenangi Copa America.

Keberhasilan Jadue diwarnai dengan skandal. Komite Etik FIFA memboikotnya pada 2015. Seumur hidup, Jadue tak boleh lagi berurusan dengan dunia sepak bola.

Sebelumnya, Jadue menjadi informan dalam skandal korupsi di sekitar FIFA. Ia mengaku bersalah atas pemerasan dan penipuan.

Pengambilan gambar dalam serial ini dilakukan di beberapa kota di Amerika Latin, Eropa, dan Amerika Serikat. Bo, pemenang Skenario Asli Terbaik Piala Oscar 2015 untuk karya superkeren, Birdman, membawa sejumlah bintang ke El Presidente.

Mereka adalah Karla Souza (How to Get Away with Murder), Andres Parra (Pablo Escobar: The Drug Lord), serta bintang Narcos, Paulina Gaitan. Grondona sendiri akan diperankan oleh aktor Luis Margani.