Laga Persahabatan Jepang vs Jamaika Batal karena COVID-19
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Laga persahabatan antara timnas sepakbola Jepang melawan Jamaika terpaksa dibatalkan. Menyusul 10 pemain Jamaika yang tidak bisa masuk pesawat karena masalah pada tes COVID-19.

Menurut Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA), Timnas Jepang bakal menjamu Reggae Boyz di Sapporo. Laga persahabatan ini menjadi pemanasan menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Tajikistan dan Kyrgyzstan.

Sejauh ini ada separuh skuad Jamaika yang tiba di Jepang untuk laga itu. Namun karena 10 pemain lainnya tertahan pada penerbangan lanjutan karena bermasalah dengan "metode tes pra-terbang," kata JFA.

Ketua JFA Kozo Tashima mengungkapkan badan sepakbola ini tengah menyelidiki kejadian ini. Sejumlah tim luar negeri sudah berdatangan di Jepang untuk menjalani pertandingan-pertandingan internasional melawan tim putra dan putri Jepang bulan ini.

"Kami mesti berhati-hati guna memastikan hal semacam ini tidak terjadi lagi," kata Tashima dalam jumpa pers online. "Kami meminta pendapat dari para ahli dan kami menganalisisnya serta mencari tahu apa masalahnya."

Tim Jamaika terbang ke Jepang dalam dua kelompok. Satu kelompok terbang dari AS dan satunya lagi dari Eropa.

Tashima mengatakan pemain-pemain Jamaika yang bermain di Eropa yang kebanyakan i Inggris, dicegah masuk penerbangan transit di Amsterdam ketika sertifikat negatif tes COVID-19-nya tidak layak.

Tashima mengaku tak tahu masalah persisnya, namun koran Gleaner di Jamaika menyebutkan bahwa para pemain itu menggunakan tes swab dari mulut dan lubang hidung, padahal Jepang "hanya menerima hasil tes PCR dari lubang hidung."

Jepang mulai bergeliat yang ditandai dengan sudah berdatangannya atlet-atlet mancanegara. Tim sofbol Australia menjadi tim pertama yang tiba untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2020 Selasa pagi tadi.

Mereka semua sudah di vaksin tetapi tetap diwajibkan memiliki hasil tes negatif sebelum berangkat dan tiba di Jepang.