Meski <i>Lockdown</i> Italia Dilonggarkan, Serie A Tanpa Penonton Hingga Januari 2021
Pertandingan AC Milan Vs Genoa sebelum Serie A ditangguhkan (Twitter @acmilan)

Bagikan:

JAKARTA -  Saat ini kompetisi sepak bola di lima liga top Eropa masih ditangguhkan akibat pandemi COVID-19 atau virus corona. Serie A memang diperkirakan akan dilanjutkan pada akhir Mei, namun dilaporkan tidak akan dihadiri penonton setidaknya hingga Januari 2021.

Ada beberapa laporan yang menyebut penerapan lockdown di Italia akan dilonggarkan mulai 4 Mei. Ini tentunya memungkinkan para pemain untuk berlatih lagi, sehingga mereka dapat melanjutkan daftar jadwal pertandingan di sekitar 31 Mei.

Namun, kompetisi akan dimainkan secara tertutup dan ini adalah situasi yang bisa bertahan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menurut Sport Mediaset, dinukil dari Football Italia, Senin, 13 April, dokumen pemerintah yang bocor menunjukkan bahwa kita mungkin tidak akan melihat penggemar di stadion Italia sampai Januari 2021.

Italia sedang menuju ke tahap dua dari respons pandemi. Negara Spaghetti itu akan melonggarkan lockdown tetapi tetap memungkinkan aturan menjaga jarak sosial.

Dilaporkan pada Minggu kemarin, dalam 24 jam terakhir 'hanya' ada 431 kematian akibat virus corona di Italia. Penurunan yang signifikan ini terlihat dari berkurangnya perawatan intensif di ruang ICU rumah sakit.

Negara ini berada di lintasan menurun setelah mencapai puncak pandemi pekan lalu, karena kematian. Kasus baru dan penerimaan ICU menurun dengan mantap selama beberapa hari terakhir.

Pada hari Minggu Paskah, diumumkan bahwa 431 orang meninggal sejak Sabtu, menjadikan total kematian di Italia menjadi 19.899. Ini adalah penurunan yang signifikan dari rata-rata 550-600 kematian seperti yang kita lihat selama beberapa pekan sebelumnya.

Jumlah pasien dalam perawatan intensif turun lagi sebanyak 38, dengan total pasien saat ini 3.343. Sebanyak 1.677 lainnya dipulangkan dari rumah sakit. 

Ada 4.092 tes positif selama 24 jam, tetapi itu juga berdasarkan dari tes total di seluruh Italia. Sejak merebaknya pandemi pada bulan Februari, Italia telah menderita 156.363 kasus positif.