Bagikan:

JAKARTA - La Liga terus berupaya menggelar pertandingan kandang Barcelona melawan Atletico Madrid di Miami pada minggu ketiga Desember 2024.

Namun, menurut berbagai sumber kepada ESPN, beberapa hal masih perlu diselesaikan agar rencana tersebut dapat berjalan.

La Liga telah berupaya untuk menggelar pertandingan di Amerika Serikat selama beberapa tahun. Hanya saja, sebelumnya telah mendapat tentangan dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), FIFA, dan U.S Soccer (Federasi Sepak Bola Amerika Serikat).

Sumber ESPN mengatakan beberapa masalah tersebut kini telah mencair. Ada kemungkinan nyata untuk menggelar pertandingan Barca melawan Atletico di Hard Rock Stadium.

Relevent Sports Group, yang mengerjakan proyek tersebut bekerja sama dengan La Liga, tidak mau mengomentari perkembangan terkini apa pun.

Seorang sumber di FIFA mengakui bahwa La Liga dan klub-klub sedang mengerjakan rencana tersebut, tetapi tidak segera menjelaskan posisi baru badan pengatur tersebut.

Presiden La Liga, Javier Tebas, telah berulang kali berbicara tentang keinginannya untuk memainkan pertandingan musim reguler di luar negeri. Sementara sumber mengatakan kepada ESPN bahwa berita itu tidak akan keluar jika kedua klub tidak berminat untuk terlibat.

Barca dan Atletico sama-sama terlibat dalam rencana sebelumnya untuk menggelar pertandingan di Amerika Serikat. Meski demikian, pertandingan Barca melawan Girona maupun pertandingan Atletico dengan Villarreal pada akhirnya tidak dipindahkan.

Pada saat itu, hal tersebut terjadi karena adanya penolakan dari beberapa badan olahraga. Namun, sikap di beberapa organisasi tersebut telah berubah setelah kasus pengadilan penting awal tahun ini.

Pada April 2024, Mahkamah Agung Amerika Serikat mengizinkan gugatan antimonopoli Relevent Sports Group untuk diajukan terhadap FIFA dan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat.

Hal itu terkait kebijakan badan pengatur sepak bola dunia tersebut (FIFA) yang tidak mengizinkan suatu negara menjadi tuan rumah pertandingan liga yang melibatkan tim dari negara lain.

Meskipun menang, masih ada pertanyaan lain yang belum terjawab. Situasi di RFEF adalah yang paling rumit. Soalnya, lembaga tersebut tidak memiliki presiden hingga 16 Desember 024.

Namun, sebuah sumber menyatakan dewan sementara akan dapat menyetujui pertandingan di luar negeri. UEFA, yang mengatur sepak bola di Eropa, juga harus menyetujui rencana tersebut.

"UEFA belum didekati terkait masalah ini. Proses yang harus diikuti dalam kasus seperti itu adalah mendapatkan persetujuan dari klub, RFEF, U.S Soccer, Concacaf, dan baru kemudian dari UEFA," kata juru bicara RFEF kepada ESPN.

Terlepas dari itu, jika laga Barcelona vs Atletico jadi digelar di Miami, pada pekan ketiga Desember 2024, tepatnya 22 Desember 2024, juga ada laga Miami Dolphins vs San Francisco 49ers di Hard Rock Stadium.