Bagikan:

JAKARTA - Wasit asal Uni Emirat Arab (UEA), Omar Mohamed Al Ali, dipastikan bakal memimpin laga antara China vs Indonesia di partai keempat Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menjelang tugas memimpin laga itu, sang wasit mengunggah doa meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas China pada laga lanjutan Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao, Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB.

Tak ingin kembali dirugikan oleh keputusan wasit yang kontroversial seperti saat melawan Bahrain, warganet Indonesia langsung menggeruduk akun Instagram wasit Omar Al Ali sebelum laga.

Pada kolom komentar Instagram Omar Al Ali, warganet Indonesia sempat meminta agar sang wasit bertugas dengan adil. Mendapatkan banyak peringatan dan gertakan dari warganet Indonesia, Omar Al Ali pun mengunggah doa meminta perlindungan kepada Allah SWT melalui Instagram Story pribadinya.

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, hilangnya kesehatan, dan pembalasan dendam-Mu yang tiba-tiba serta segala kemarahan-Mu," tulis Omar Al Ali di akunnya dikutip pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Omar Al Ali lahir di Sharjah, Uni Emirat Arab, pada 1988. Wasit berusia 36 tahun ini sudah bertugas memimpin pertandingan di level elite profesional sejak 2013 dengan bertugas sebagai pengadil di pertandingan Liga Pro Uni Emirat Arab.

Selain reguler memimpin pertandingan di Liga UEA, Omar Al Ali juga kerap mendapatkan kepercayaan untuk memimpin pertandingan di Piala Asia, Liga Arab Saudi, Liga Mesir, hingga Kualifikasi Piala Dunia.

Menariknya, Omar Al Ali pernah memimpin pertandingan yang dimenangi China 4-1 atas Singapura pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Tianjin Olympic Center Stadium, 26 Maret 2024.

Pada laga tersebut, wasit Omar Al Ali mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain China, Yuanyi Li. Kemudian Omar Al Ali juga pernah memimpin pertandingan Australia vs Bahrain di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 5 September 2024.

Saat itu Bahrain menang 1-0 atas tuan rumah Australia. Wasit Omar Al Ali juga mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Australia, Kusini Yengi, pada menit ke-77. Omar Al Ali bisa dibilang wasit yang 'murah' kartu.

Hal ini harus menjadi perhatian para pemain Indonesia agar tidak mudah melakukan pelanggaran yang tak perlu.