Bagikan:

JAKARTA - Indonesia hanya meloloskan Jonatan Christie atau Jojo ke final Arctic Open 2024 yang akan digelar hari ini, Minggu 13 Oktober.

Indonesia sebenarnya juga meloloskan Gregoria Mariska Tunjung di semifinal kejuaraan bulu tangkis berhadiah U$ 420.000 atau setara Rp 6,5 miliar ini. Namun, pemain kelahiran Wonogiri tersebut kandas di babak empat besar setelah menyerah kepada unggulan kedua Han Yue dengan skor 9-21, 21-16, dan 9-21.

Jojo melaju ke final setelah menang walk over (WO) atas Kunlavut Vitidsarn. Pebulu tangkis asal Thailand itu tidak bisa bertanding lantaran cedera yang dialaminya. Pada perempat final Jumat 11 Oktober, Vitidsarn berhasil melewati pebulu tangkis Jepang Kodai Naraoka dengan skor 21-16 dan 21-17.  

Pada partai final, Jojo akan bertemu  Chou Tien Chen dari Taiwan. Unggulan ketujuh ini lolos ke partai puncak setelah melewati adangan Koki Watanabe dari Jepang dengan skor 21-12. 14-21, dan 21-10.

Jojo sudah 16 kali bertemu Chou Tien Chen. Untuk sementara Jojo unggul 9-7 atas tunggal putra peringkat 10 itu. Pertemuan terakhir kedua tunggal putra ini terjadi pada Singapore Open 2024. Saat itu, Chou menang 21-17 dan 21-6.

Partai final akan dimulai nomor ganda campuran yang mempertemukan dua wakil China. Unggulan pertama Fang Yan Zhe/Huang Dong Ping melawan unggulan kedua Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Partai kedua akan menggelar final final antara tunggal putri Thailand Ratcanok Intanon melawan Han Yue. Sementara final nomor ganda putra akan menjadi partai ketiga dan mempertemukan unggulan kelima Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark. Astrup/Rasmussen adalah unggulan kedua dalam kejuaraan ini.

Partai keempat akan menggelar final nomor ganda putri antara Liu Sheng Ahu/Tan Ning dari China melawan wakil Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Sementara pertandingan Jojo melawan Chen akan menjadi partai final kelima atau terakhir babak final.

Partai final di Vantaan Energia Areena ini akan dimulai pukul 12.00 waktu setempat atau pukul  16.00 WIB.