Bagikan:

JAKARTA - Pemain Venezia FC, Jay Idzes, ditunjuk menjadi kapten Timnas Indonesia saat melakoni Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Bahrain. Posisinya menggeser Asnawi Mangkualam yang sebelumnya menyandang ban kapten.

Ditunjuknya Jay Idzes menjadi kapten Skuad Garuda bukan tanpa alasan dan telah melewati beberapa pertimbangan. Berdasarkan pemaparan Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, Jay Idzes dianggap mumpuni mengingat bagaimana tanggung jawab sang pemain dalam tim.

"Jadi, Jay (Idzes) itu ketika dikasih tugas dan tanggung jawab, dia benar-benar totalitas menjalankan itu," kata Sumardji dalam keterangan dikutip pada Rabu, 9 Oktober 2024.

"Contoh, dia telat, mungkin satu menit, telat makan karena lift problem, tapi kemudian apa yang dia lakukan ini jadi contoh buat pemain."

"Selesai makan langsung classroom, meeting tim. Dia (Jay) langsung berdiri di depan, minta maaf dan menjelaskan alasan mengapa ia terlambat serta disampaikan ke semua rekannya," tutur Sumardji lagi.

Selain menjelaskan contoh positif sang pemain, Sumardji juga mengatakan bahwa Jay Idzes dirasa pantas menjadi kapten karena sosoknya juga tak pelit ilmu. Dia mau memberikan pelajaran kepada penggawa lainnya.

"Anak ini bisa jadi contoh dan mengajari, jadi mentor. Leadership sangat oke. Bukan mengajari pemain yang di liga kita saja, tapi semua teman-teman," ungkapnya.

Sementara itu, Jay Idzes juga menegaskan bahwa ia bangga karena mendapatkan kepercayaan menjadi kapten Skuad Garuda.

"Saya sangat bangga dan bersyukur bahwa saya memiliki kesempatan untuk mengenakan ban kapten (Timnas Indonesia)," kata Jay Idzes.